Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2019, 15:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi ikan memang direkomendasikan karena merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting bagi kemampuan otak.

Namun, memasak ikan sendiri di dapur kerap menyebabkan masalah berupa soal bau amis.

Bukan cuma aroma yang meninggal di sekitar dapur, terkadang di piring dan alat makan lain pun baunya tetap tercium.

Untuk menyiasatinya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa bau amis bekas olahan ikan.

Pertama-tama, pilihlah ikan yang benar-benar segar karena umumnya tidak berbau. Beberapa cara mengetahui ikan tersebut segar atau tidak adalah memiliki insang berwarna merah, tubuhnya kaku, tidak lemas, serta tidak berbau amis menyengat.

Namun, ikan segar pun bukan tanpa bau amis, sekali pun sudah dimasak. Penyebabnya karena metode memasak yang digunakan.

Baca juga: Cermatlah, Ikan yang Kita Santap Tak Selalu Menyehatkan...

Sejumlah pedagang menggelar ikan segar dagangan mereka di kawasan pasar ikan Arumbai, Ambon, Maluku, Jumat (21/4/2018). Pasar ikan tersebut banyak dikunjungi warga sekitar kota Ambon yang ingin membeli ikan segar dengan harga relatif murah.GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah pedagang menggelar ikan segar dagangan mereka di kawasan pasar ikan Arumbai, Ambon, Maluku, Jumat (21/4/2018). Pasar ikan tersebut banyak dikunjungi warga sekitar kota Ambon yang ingin membeli ikan segar dengan harga relatif murah.

Nah, cara menghilangkan bau amis bisa dimulai dengan mengubah cara memasak ikan.

Menggoreng dapat menimbulkan bau amis yang cukup menyengat, namun teknik lain, seperti memasak ikan dengan alumunium foil dapat menutup masalah tersebut.

Selain itu, saran lain yang bisa diikuti untuk menetralkan bau sebelum dimasak yakni dengan merendam ikan dalam susu atau diberi perasan jeruk nipis.

Jika sudah terlambat dan rumah mulai berbau seperti restoran seafood, campur cuka dan air bersama-sama dan membiarkannya dimasak selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis.

Baca juga: Kuman di Alat Dapur Ini 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet

Kamu juga dapat menambahkan batang kayu manis atau minyak lavender untuk suasana rumah yang lebih menyenangkan.

Persiapkan rumah kamu sebelum waktu memasak ikan dengan menutup pintu-pintu agar bau tidak menyebar ke seluruh rumah, tetapi buka jendela dapur agar bau dapat keluar dari ventilasi.

Segera bersihkan tumpahan dan buang sampah yang mengandung cairan ikan sesegera mungkin untuk membantu mencegah bau yang tersisa.

Jika semuanya gagal, buat beberapa kue untuk pencuci mulut. Aroma manis yang dihasilkan akan membuat semua orang melupakan bau amis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com