Kompas.com - 23/02/2019, 15:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi ikan memang direkomendasikan karena merupakan sumber asam lemak omega-3 yang penting bagi kemampuan otak.

Namun, memasak ikan sendiri di dapur kerap menyebabkan masalah berupa soal bau amis.

Bukan cuma aroma yang meninggal di sekitar dapur, terkadang di piring dan alat makan lain pun baunya tetap tercium.

Untuk menyiasatinya, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa bau amis bekas olahan ikan.

Pertama-tama, pilihlah ikan yang benar-benar segar karena umumnya tidak berbau. Beberapa cara mengetahui ikan tersebut segar atau tidak adalah memiliki insang berwarna merah, tubuhnya kaku, tidak lemas, serta tidak berbau amis menyengat.

Namun, ikan segar pun bukan tanpa bau amis, sekali pun sudah dimasak. Penyebabnya karena metode memasak yang digunakan.

Baca juga: Cermatlah, Ikan yang Kita Santap Tak Selalu Menyehatkan...

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah pedagang menggelar ikan segar dagangan mereka di kawasan pasar ikan Arumbai, Ambon, Maluku, Jumat (21/4/2018). Pasar ikan tersebut banyak dikunjungi warga sekitar kota Ambon yang ingin membeli ikan segar dengan harga relatif murah.GARRY ANDREW LOTULUNG Sejumlah pedagang menggelar ikan segar dagangan mereka di kawasan pasar ikan Arumbai, Ambon, Maluku, Jumat (21/4/2018). Pasar ikan tersebut banyak dikunjungi warga sekitar kota Ambon yang ingin membeli ikan segar dengan harga relatif murah.

Nah, cara menghilangkan bau amis bisa dimulai dengan mengubah cara memasak ikan.

Menggoreng dapat menimbulkan bau amis yang cukup menyengat, namun teknik lain, seperti memasak ikan dengan alumunium foil dapat menutup masalah tersebut.

Selain itu, saran lain yang bisa diikuti untuk menetralkan bau sebelum dimasak yakni dengan merendam ikan dalam susu atau diberi perasan jeruk nipis.

Jika sudah terlambat dan rumah mulai berbau seperti restoran seafood, campur cuka dan air bersama-sama dan membiarkannya dimasak selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis.

Baca juga: Kuman di Alat Dapur Ini 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.