Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Tambora Challenge: 320 Kilometer Menyusuri Indahnya NTB

Kompas.com - 24/02/2019, 12:32 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompas Tambora Challenge - Lintas Sumbawa 320K akan kembali digelar pada 1 hingga 4 Mei 2019 mendatang.

Pemandangan alam yang indah akan menemani para peserta karena acara dimulai di Poto Tano, Sumbawa Barat dan berakhir di Doro Ncanga, kaki Gunung Tambora. Peserta akan melewati 3 Kabupaten, yaitu Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Dompu.

Nantinya, akan ada sebanyak 50 peserta yang dibagi menjadi 20 peserta untuk nomor individu dan 15 tim yang terdiri dari 2 peserta dalam kategori relay (putra-putri).

Lomba tahun ini akan lebih menantang dari yang sebelumnya. Pada 160 kilometer pertama, peserta akan melewati tepian pantai dengan medan yang cenderung datar pada 80 mdpl. Diperkirakan suhu pada siang hari berkisar pada 42 derajat celsius dan malam pada 14 derajat celcius.

Pada 160 kilometer berikutnya, lintasan akan cenderung naik menuju kaki Gunung Tambora.

"Tantangannya selain cuaca, juga medan yang cenderung naik karena daerah perbukitan," kata Lexi Rohi, Race Director Kompas Tambora Challenge.

Tidak hanya itu, batasan waktu peserta, Cut of Time (COT) yang diberlakukan adalah 68 jam untuk nomor individu dan 64 jam untuk nomor relay. Angka tersebut lebih rendah dari tahun lalu, yaitu 72 jam.

"Kita inginnya setelah 5 tahun ini, ajang ini akan menjadi kualifikasi untuk event maraton di luar negeri," tambah Lexi.

Konferensi Pers Tambora Challenge di JakartaAldo CS Konferensi Pers Tambora Challenge di Jakarta
Acara lari jarak jauh ini juga didukung oleh Pemerintah Provinsi setempat.

Zulkieflimansyah, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) turut hadir dalam launching Kompas Tambora Challenge - Lintas Sumbawa 320K di Senayan, Minggu (24/02/19) pagi.

"Kami akan mendukung penuh supaya acara ini dapat berjalan dengan lancar" kata Zulkieflimansyah.

Kompas Tambora Challenge - Lintas Sumbawa 320K bukan hanya sekedar lomba lari biasa.

Melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas, total catatan waktu yang ditorehkan oleh para finisher akan dikalikan dengan Rp 32.000 per jam. Dana yang terkumpulkan akan diberikan untuk Aksi Peduli Korban Bencana NTB.

Biaya pendaftaran untuk mengikuti Kompas Tambora Challenge - Lintas Sumbawa 320K ini adalah Rp 2,5 juta untuk WNI dan Rp 3,5 juta untuk WNA. Informasi lebih lengkap terdapat di situs tambora challenge ini(Aldo Christian Sitanggang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com