5 Jenis Buah untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 25/02/2019, 07:07 WIB
Ilustrasi buah firinaIlustrasi buah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Buah tak hanya segar dan kaya zat gizi. Makanan ini dapat membantu kita capai berat badan ideal. Ya, nyatanya, beberapa jenis buah ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Kenapa buah bisa membantu menurunkan berat badan? Ini karena buah termasuk makanan rendah kalori tetapi tinggi serat. Oleh karena itu, buah bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan banyak pun berkurang.

Berikut ini ada berbagai buah untuk membantu menurunkan berat badan yang bisa dikonsumsi, yaitu:

1. Apel

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Apel termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Satu buah apel besar dengan berat sekitar 223 gram mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Beberapa penelitian menunjukkan fakta bahwa apel bisa membantu menurunkan berat berat badan.

Penelitian yang diterbitkan di PLoS Medicine menemukan fakta bahwa orang yang rutin makan apel kehilangan sekitar 0,56 kg beratnya per hari.

Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa apel yang dimakan utuh mampu mengurangi rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan. Selain itu, apel juga mengandung banyak air yang membuat perut terasa penuh dan kenyang.

2. Semangka

Buah semangkapilipphoto Buah semangka
Semangka merupakan buah dengan kadar air yang tinggi. Oleh karena itu, semangka menjadi salah satu buah untuk menurunkan berat badan.

Pasalnya, dengan makan beberapa potong semangka saja perut akan terasa kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan makanan yang lain menjadi berkurang.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X