Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Lemak di Perut

Kompas.com - 25/02/2019, 07:43 WIB
Ilustrasi perut gendut Tomwang112Ilustrasi perut gendut
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang gemuk atau kurus pasti memiliki lemak di perut, bahkan orang-orang yang perutnya rata. Hal ini adalah normal. Namun ada beberapa hal yang harus diketahui tentang lemak pada perut.

Lemak umumnya berada tepat di bawah kulit. Lemak lainnya berada di bagian lebih dalam, di sekitar jantung, paru-paru, hati, dan organ lainnya. Lemak yang lebih dalam ini juga disebut lemak visceral, yang mungkin menjadi masalah besar, bahkan bagi orang kurus.

Lemak di perut adalah salah satu contoh lemak visceral, yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak ini memberikan bantalan untuk organ-organ penting di dalam tubuh.

Tapi jika kamu memiliki terlalu banyak lemak visceral, termasuk lemak yang bertempat di perut, kamu mungkin cenderung mengalami:

  • tekanan darah tinggi
  • diabetes tipe 2
  • penyakit jantung
  • demensia
  • kanker tertentu (termasuk kanker payudara dan kanker usus besar)

Lemak tidak hanya berdiam di bawah kulit. Jika berat badan kita berlebih, tubuh akan mulai menyimpan lemak di tempat yang tidak biasa.

Bagaimana cara mengetahui apakah lemak di perut berlebih atau tidak?

Cara paling tepat untuk menentukan berapa banyak lemak visceral yang kita miliki adalah dengan CT scan atau MRI. Tapi ada cara yang lebih sederhana dan murah untuk memeriksanya.

Ambil meteran pengukur, lilitkan di sekitar pinggang pada bagian pusar, dan periksa berapa lingkar perutmu. Lakukanlah dalam keadaan berdiri.

Standar ukuran lemak perut bisa dilihat dari ukuran pinggang yang tidak lebih dari 89 cm untuk wanita, dan kurang dari 101 untuk pria untuk orang Eropa. Sedangkan untuk standar Asia, perempuan di bawah 80 cm, pria di bawah 85 cm (sebagian menggunakan angka 90 cm)

Memiliki tubuh berbentuk pir (pinggul dan paha besar namun bagian atas tubuh, yaitu perut, lebih kecil) dianggap lebih sehat daripada bentuk tubuh apel (lebar pinggang dan pinggul sama besar nyaris tanpa lekukan).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X