Minen, Berawal dari Vokalis Band hingga Bikin Sepatu "Berkelas"

Kompas.com - 25/02/2019, 15:05 WIB
Pemilik Minen Leather, Ricky Darmawan. KOMPAS.com/RENI SUSANTIPemilik Minen Leather, Ricky Darmawan.

KOMPAS.com – Berburu sepatu berkualitas sudah menjadi kebiasaan Ricky Dermawan sejak kuliah di Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI), tahun 2004 silam.

Sepatu yang ia cari adalah sepatu kulit berkualitas, terutama bot.

Alasannya sederhana, karena enak dilihat, awet, mahal, susah mendapatkannya, dan beda dengan sepatu yang dikenakan teman-temannya.

“Suka aja tampil beda dari yang lain,” ujar Ricky kepada Kompas.com di Minen Leather, Jalan Cigadung, Bandung, belum lama ini.

Namun persoalannya, harga sepatu yang dincarnya di angka Rp 1 jutaan, dan ia tak memiliki uang sebesar itu untuk membelinya saat itu.

Baca juga: Kisah Kang Bule, Jatuh Bangun Bikin Sepatu Bot hingga Dipakai Jokowi

Ricky kemudian menyiasatinya dengan mencari perajin sepatu di Cibaduyut. Ia memesan sepatu bot dambaanya, yakni sepatu biker yang bisa digunakan sehari-hari.

“Sepatu jenis itu, saat itu, di pasaran tidak terlalu banyak,” imbuh pria kelahiran Palembang, 18 Mei 1983 ini.

Seorang perajin tengah mengerjakan sepatu Minen, merk sepatu di Bandung yang sudah tembus pasar dunia.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Seorang perajin tengah mengerjakan sepatu Minen, merk sepatu di Bandung yang sudah tembus pasar dunia.

Kecintaannya terhadap sepatu terus bertambah.

Ia lalu melakukan riset bertahun-tahun, belajar apa pun tentang sepatu yang bagus, mengaplikasikannya dalam sebuah produk, bahkan membantu seorang teman mendirikan sebuah brand sepatu.

“Saya terus bikin sepatu. Banyak teman yang suka dan nanya."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X