Kompas.com - 27/02/2019, 10:43 WIB
Salah satu sepatu produksi Minen Leather di Bandung. KOMPAS.com/RENI SUSANTISalah satu sepatu produksi Minen Leather di Bandung.

KOMPAS.com – Sebuah rumah besar berwarna putih di daerah Cigadung, Bandung, Jawa Barat, terlihat sepi saat Kompas.com berkunjung belum lama ini.

Dari luar hanya terlihat satu orang pria yang tengah memasuki tempat workshop Minen Leather.

Namun saat menginjakkan kaki ke dalam rumah, tampak keriuhan sekelompok pria yang merupakan perajin sepatu.

Ada yang sedang mengelem sol sepatu, menjahit kulit yang akan dijadikan upper sepatu, ada pula yang sibuk di depan laptop mengerjakan tabel seperti laporan keuangan.

Sang pemilik rumah sekaligus workshop Minen Leather, Ricky Dermawan mengatakan, sejak tinggal di kontrakan, ia kerap menyatukan tempat produksi dengan tempat tinggalnya.

Alasannya, sepatu Minen adalah karya seni yang bisa dipajang di rumahnya.

Baca juga: Minen, Berawal dari Vokalis Band hingga Bikin Sepatu Berkelas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya mulai membuat sepatu sejak kuliah tahun 2004-an. Tapi mulai kepikiran menjualnya tahun 2010 setelah lama melakukan riset dan belajar membuat sepatu yang baik,” ucap dia.

Seorang perajin tengah mengerjakan sepatu Minen, merk sepatu di Bandung yang sudah tembus pasar dunia.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Seorang perajin tengah mengerjakan sepatu Minen, merk sepatu di Bandung yang sudah tembus pasar dunia.

Di workshop yang apik itu, Ricky menyusun sepatunya menjadi dua bagian yakni deretan dress shoes formal dan bot.

Jika dilihat sekilas, sepatu-sepatu tersebut sudah terlihat elegan. Ketika melihat lebih dekat, detail sepatu tersebut rapi, dan presisi. Keren sekali.

Seperti -misalnya sepasang sepatu wingtip oxford yang ada di sana. Cutting maupun jahitan dan desain sepatu tersebut memberikan kesan elegan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.