Kompas.com - 27/02/2019, 17:17 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Barangkali kamu termasuk orang yang sering berfoto-foto ria dengan pasangan dan mengunggahnya di media sosial? Hal ini sangatlah wajar. Sebab, kamu mungkin tidak ingin melewatkan momen-momen indah bersamanya.

Namun, ketika putus dengan pasangan, mungkin kamu bingung karena sudah telanjur mengunggah banyak foto mantan di media sosial. Lalu apakah foto-foto tersebut sebaiknya dihapus? Atau dibiarkan saja?

Pada dasarnya, menghapus foto mantan atau tidak itu tergantung pada diri masing-masing. Jika memang foto mantan membuatmu teringat terus padanya, tidak ada salahnya untuk menghapus foto tersebut. Harapannya, perasaan akan jauh lebih lega dan bisa cepat move on.

Dilansir dari Huffington Post, melihat foto mantan di media sosial memang bisa menggagalkan usaha seseorang untuk move on. Meski mungkin hanya berniat untukr nostalgia, hal ini justru bisa memancing memori-memori indah yang seharusnya ditinggalkan.

Sebuah penelitian dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking tahun 2015 mengungkapkan bahwa semakin sering kita membuka foto-foto bersama mantan di media sosial, maka semakin besar pula hasrat untuk kembali menjalin hubungan dengannya.

Alih-alih bikin cepat move on, sering melihat foto mantan justru akan membuka luka lama dan akhirnya bisa membuat seseorang menyesal sudah putus dengan pacar.

Meskipun menghapus foto mantan bisa bikin perasaan jauh lebih lega, kamu mungkin masih merasa takut hal ini akan menyinggung perasaannya.

Baca juga: Penyebab Sulit Move-On dari Mantan Pacar

Namun kembali lagi, ingatlah bahwa saat ini kalian sudah tak lagi menjalin hubungan. Jadi, sah-sah saja jika ingin menghapus foto mantan di media sosial. Toh, media sosial tersebut adalah hak milik kita pribadi.

Supaya perasaan lebih lega setelah putus dengan pacar, sebaiknya perhatikan ini dulu sebelum memutuskan untuk menghapus foto mantan di media sosial.

1. Mantapkan hati

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.