Lawan Penuaan hingga Kanker, Ini 6 Manfaat Olahraga Lari

Kompas.com - 28/02/2019, 09:25 WIB
Z102 TongRo Images IncZ102

KOMPAS.com - Olahraga lari yang sedang digandrungi banyak orang ternyata memiliki berjuta manfaat.

Dokter olahraga dan instruktur kebugaran, Jordan Metzl, mengatakan lari adalah olahraga yang paling efektif bagi banyak orang, karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Riset juga membuktikan, lari lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada sekadar jalan kaki.

"Ada banyak manfaat lari untuk kehidupan kita. Jika kita rutin melakukannya, maka kita mampu menangkal berbagai risiko penyakit di kemudian hari," ucap Mark Cucuzzella, profesor di West Virginia University School of Medicine.

Riset lain pun mengklaim, atlet lari rata-rata memiliki harapan hidup tiga hingga enam tahun lebih lama. Dilansir dari Men's Health, berikut enam manfaat olahraga lari.

1. Meningkatkan kemampuan otak

Dalam sebuah riset kecil yang diikuti orang dewasa muda, mereka yang melakukan lari interval selama tujuh minggu memiliki kebugaran dan fleksibilitas kognitif yang tinggi.

Riset juga mengungkap. olahraga treadmill selama 15 menit, meski dilakukan dengan kecepatan rendah, membantu meningkatkan kemampuan manusia dalam mengingat kata-kata dalam tes kognitif.

" Lari juga terbukti sebagai salah satu metode untuk mencegah alzheimer," ucap Dr. Metzl.

Berdasarkan temuan riset 2014, orang yang melakukan olahraga lari  25 kilometer per minggu mampu mengurangi ridiko kematian dini hingga 40 persen selama periode 11 tahun..

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X