Kompas.com - 28/02/2019, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Alat-alat di gym dipakai oleh banyak orang. Seringkali, untuk memastikan alat-alat tersebut bersih, kita memakai handuk untuk mengelap bagian yang ingin digunakan.

Ternyata cara tersebut tidak direkomendasikan. Dilansir dari laman Dmarge, membersihkan alat gym dengan handuk justru berisiko menularkan kuman, bakteri hingga jamur.

Menurut Bridget Gardner, direktur perusahaan di Melbourne yang menyediakan layanan bersih-bersih, alat-alat di gym rentan dengan bakteri dan virus.

Cameron Jones, ahli mikrobiologi dan pengendalian jamur dan infeksi, pun setuju dengan pendapat Gardner.

Alasannya, pusat kebugaran didatangi oleh banyak orang. Alhasil, alat-alat mereka pun disentuh terus-menerus. Hal ini menyebabkan sisa segala sesuatu mulai dari bakteri, jamur hingga virus menempel.

Bahkan, ada laporan yang menyebutkan, alat seperti bicep curlers dan chest presses juga menjadi tempat berkembang biak bagi kuman.

Baca juga: Sisa Minuman di Botol Bisa Jadi Sarang Kuman

Ada pun risiko kesehatan tersebut lantaran kuman-kuman yang menginfeksi handuk kemudian dibawa pulang.

Tanpa sadar, kita sering mencampurkan handuk dengan barang-barang lain, termasuk terpapar kulit saat mengelap keringat.

"Kamu sudah berkeringat dan memiliki suhu tinggi. Jika bahan pada handuk kotor, dan kamu menempelkan ke permukaan kulit, risiko terinfeksi besar," kata Jones.

Solusinya, menurut Gardner dan Jones, setiap orang harus menggunakan handuk sekali pakai yang disediakan di gym daripada handuk sendiri.

Untuk membersihkan tangan dari kuman, Jones juga menyarankan untuk menggunakan pembersih setelah setiap sesi selesai.

Jika kamu harus memakai handuk, Gardner menyarankan untuk mencucinya setiap hari. Dia juga memperingatkan untuk segera mengganti handuk jika mulai bau tak sedap. 

Baca juga: Meski Pakai Toilet Pribadi, Jangan Malas Cuci Tangan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.