Hidup Tanpa Kantong Plastik, Mungkinkah?

Kompas.com - 01/03/2019, 08:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Membawa kantong atau tas sendiri ketika berbelanja sudah bukan hal baru bagi Intan (25). Kebiasaan tersebut diawali dari mengikuti kebiasaan sang ibu.

Selain membantu mengurangi sampah plastik, membawa kantong belanjaan sendiri menurutnya sekaligus berhemat. Sebab, beberapa supermarket yang sering dikunjunginya memang sudah lama menerapkan kantong plastik berbayar.

"Hemat 200 perak lumayan," katanya.

Tak hanya kantong, Intan juga berupaya mengurangi sampah plastik lainnya, mislnya dengan membawa sedotan dan tempat minum sendiri. Sesekali, tempat minum yang dibawanya juga dimanfaatkan untuk membeli kopi.

"Sedotan, tumblr, selalu bawa di tas," ucap Intan.

Kebiasaan serupa dilakukan oleh Ecka (35). Kebiasaan membawa kantong belanjaan sendiri bahkan sudah dilakukannya lebih dari lima tahun lalu.

Kebiasaan itu berawal dari kejenuhannya dengan banyaknya kantong plastik belanjaan yang menumpuk. Tanpa disadari, semakin hari kantong plastik tersebut semakin banyak.

Baca juga: 40.000 Ritel Modern Sepakat Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Kini, jika lupa membawa tas kain, Ecka langsung memasukkan belanjaannya ke dalam tas. Kebiasaan Ecka pada akhirnya juga menular ke ibunya.

"Sekarang kalau ke pasar pasti bawa beberapa goodie bag dilipat," tuturnya.

Jika berbelanja dalam jumlah banyak, Ecka memilih menggunakan kardus. Terutama jika membawa kendaraan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X