Kompas.com - 01/03/2019, 08:53 WIB
Ilustrasi stroke shutterstockIlustrasi stroke
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mungkin kamu masih ingat Luke Perry bintang Riverdale dan film seri tahun 90-an Beverly Hills 90210.

Perry dikabarkan dilarikan ke rumah sakit di Los Angeles karena terkena serangan stroke pada Rabu pagi waktu setempat. Ternyata serangan stroke bisa mengintai siapa saja. Nah, apa sebenarnya stroke itu? Bagaimana gejalanya? Bisakah dicegah?

Stroke terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi.

Ini dapat merusak atau mematikan sel-sel otak. Bagian otak yang berbeda mengendalikan fungsi tubuh yang berbeda, sehingga stroke dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh.

Meskipun sulit untuk memprediksi munculnya stroke, tapi kita dapat mengetahui gejala stroke ringan ataukah gejala serangan stroke.

Apa saja gejala stroke yang mungkin muncul?

Setiap orang mungkin akan memiliki gejala stroke yang berbeda-beda. Namun, beberapa kondisi berikut termasuk gejala stroke yang umum.

  • Sulit berbicara atau memahami orang lain
  • Mati rasa atau terkulai lemas di satu sisi wajah atau tubuh
  • Sulit berjalan dan menyeimbangkan badan
  • Masalah penglihatan
  • Sakit kepala yang parah
  • Pusing
  • Sulit menelan

Dari gejala-gejala tersebut, beberapa orang yang mengalami stroke mungkin juga tidak merasakan sakit. Meski begitu, waspadai semua gejala dan segera temui dokter jika mengalami beberapa gejala tersebut.

Baca juga: Jaga Kesehatan, Stroke Bisa Terjadi Sejak Usia 20an

Mengenali gejala stroke

National Stroke Association merekomendasikan strategi mudah untuk membantu kita mengenali apakah seseorang mengalami stroke. Jika Anda berpikir bahwa seseorang di sekitar Anda mengalami stroke, coba lakukan FAST (face, arm, speech, time). Ini adalah sebuah strategi yang berarti:

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.