Kompas.com - 01/03/2019, 15:00 WIB
Peserta mengikuti Mekaki Marathon 2018 di Pantai Teluk Mekaki, Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (28/10/2018). Sedikitnya 1.500 peserta mengikuti lomba lari Mekaki Marathon 2018, 1.000 untuk kategori 5K dan 500 peserta untuk 10K. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPeserta mengikuti Mekaki Marathon 2018 di Pantai Teluk Mekaki, Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (28/10/2018). Sedikitnya 1.500 peserta mengikuti lomba lari Mekaki Marathon 2018, 1.000 untuk kategori 5K dan 500 peserta untuk 10K.

KOMPAS.com - Olahraga lari memang terkesan sederhana dan bisa dilakukan siapa saja. Padahal, teknik pernapasan yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pelatih lari tersertifikasi RRCA, Marni Wasserman menjelaskan cara mempraktikkan pernafasan yang tepat bagi para pelari:

1. Bernafas melalui mulut

Marni yang juga merupakan pelatih di Mile High Run Club menjelaskan, pada dasarnya kita harus bernafas melalui mulut ketika berlari. Alasannya, bernafas melalui mulut memungkinkan kita untuk mendapatkan lebih banyak udara masuk.

Selain itu, bernafas melalui hidung terlalu keras juga bisa mengeraskan otot-otot wajah, khususnya bagian rahang.

Padahal, kita selalu menginingkan rahang dalam kondisi tidak tegang. Ketika bernafas melalui mulut, rahang akan membuka sehingga lebih bersifat renggang.

Meski begitu, bernafas melalui hidung juga tidak dilarang terutama jika hanya melakukan lari ringan. Namun, usahakan membuang udara melalui mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Manfaat Berolahraga Lari Sambil Mendengarkan Musik

Ketika olahraga lari yang dilakukan cukup berat, bernafas melalui mulut cenderung lebih efisien untuk mendapatkan oksigen.

Tetapi, hal ini juga dipengaruhi kecepatan. Marni menjelaskan, ketika kita lari dengan kecepatan lambat dan pernafasan hidung lebih terasa nyaman, maka lakukan lah.

Agar mulut tidak terasa kering ketika berlari, Marni menyarankan untuk mengaplikasikan sejenis lip balm atau permen karet untuk menjaga saliva.

Halaman:


Sumber POP SUGAR
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.