Kompas.com - 01/03/2019, 15:42 WIB
Ilustrasi nonton TV dan ngemil BartekSzewczykIlustrasi nonton TV dan ngemil

KOMPAS.com - Banyaknya serial televisi yang menarik, ditambah dengan langganan streaming, membuat kita semakin sering duduk menonton televisi. Tanpa sadar, satu atau dua jam terlewat begitu saja.

Jika kamu sering melakukannya, maka kamu perlu berhati-hati. Sebuah studi terbaru menemukan bahwa menonton televisi terlalu lama, yaitu lebih dari 3,5 jam setiap harinya, bisa meningkatkan risiko demensia bagi orang tua di atas 50 tahun.

Demensia merupakan kondisi penurunan kemampuan otak dengan gejala utama berupa pikun.

Tim riset yang berasal dari University College London meneliti lebih dari 3.600 orang berusia di atas 50 tahun selama enam tahun.

Menurut para peneliti, perilaku bermalas-malasan tersebut bisa menurunkan aktivitas yang meningkatkan kerja otak, seperti membaca koran.

Mereka yang mengalami kecanduan layar, dalam hal ini televisi, merasakan memori verbal mereka menurun hingga sekitar 10 persen selama periode enam tahun.

Baca juga: Kisah Liana Merawat Mama Tercinta dengan Demensia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara mereka yang tidak begitu banyak menonton televisi atau kurang dari 3,5 jam per hari hanya mengalami penurunan sebesar 5 persen.

Para pakar menyimpulkan, terlalu banyak aktivitas dengan televisi memicu hilangnya kemampuan otak.

Lebih jauh, studi menemukan bahwa aktivitas pasif mengamati televisi (tanpa interaksi) juga bisa memicu stres pada pikiran orang-orang tua.

Peneliti Daisy Fancourt mengatakan, temuan tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan tentang pengaruh televisi terhadap risiko demensia.

Halaman:


Sumber NYPost
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.