Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Pernak-pernik Retro di Kemang Vintage Shop

Kompas.com - 03/03/2019, 17:13 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nuansa retro terasa kental ketika saya memasuki sebuah ruang 'showroom' dengan aksen hijau tua.

Saat itu, Sabtu (2/3/2019) pagi, toko masih belum dibuka. Beberapa orang masih sibuk menata barang-barang. Menyusunnya menjadi display yang cantik.

Sore itu adalah soft launching Kemang Vintage Shop. Sebuah toko yang akan menampilkan tiga label, yakni Sjuman Instrumen, Old Timer vintage watch dan Minen Leather.

Baik Sjuman Instrumen dan Minen Leather sama-sama produk handmade lokal.

Sjuman Instrumen adalah butik instrumen milik Aksan Sjuman. Beberapa instrumen yang tersedia di antaranya gitar, bass dan piano.

Sementara Minen Leather dikenal dengan sepatu bot kulit serta aksesoris berbahan kulit lainnya. Mulai dari tas ransel, waist bag, hingga produk terbaru mereka adalah kacamata dari kulit sol sepatu.

Adapun Old Timer menyediakan puluhan jam tangan 'vintage'.

Beberapa koleksi Old Timer vintage watch yang dipajang di Kemang Vintage Shop, Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Beberapa koleksi Old Timer vintage watch yang dipajang di Kemang Vintage Shop, Jakarta Selatan.

“Idenya bikin tempat untuk produk lokal, selain jam, semua juga custom dan handmade. Image yang ingin kita bangun adalah vintage,” kata Co-Founder Kemang Vintage Shop, Reza Yahya saat ditemui di Kemang Vintage Shop, Sabtu (2/3/2019).

Ternyata, tak butuh waktu lama untuk mewujudkan ide menjadi sebuah toko. Reza mengatakan, dari ide tercetus hingga eksekusi hanya berlangsung selama sekitar satu bulan.

"Barang-barangnya kan sudah ngumpul, display pribadi juga, tempat punya kami sendiri. Tapi dulu cuma showroom gitar dan piano," ucapnya.

Baca juga: Melirik Sepatu Vintage nan Kece Asal Bandung, Buruan Para Milenial

Tak hanya menjual benda-benda vintage, pengunjung juga bisa berbincang dan konsultasi dengan pegawai di Kemang Vintage Shop.

Menurut Reza, hal itu penting dilakukan sebelum membeli sebuah barang vintage. Sebab, saat ini tak sedikit orang yang ingin tampil dengan gaya vintage namun kurang memahaminya.

Misalnya, ketika membeli jam tangan vintage lewat internet.

"Kalau ke sini kan bisa duduk dan ngobrol. Banyak juga yang enggak ngerti. Barang Rp 5-10 jutaan kan kalau enggak mengerti sayang juga," kata Reza.

Jika ingin berburu benda vintage untuk menunjang penampilanmu, Kemang Vintage Shop yang berlokasi di Jalan Benda Raya No. 90B ini buka pada Selasa-Minggu, Pukul 11.00-20.00.

Tampilan Kemang Vintage Shop di Jakarta Selatan.KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Tampilan Kemang Vintage Shop di Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com