Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2019, 13:45 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Walau sudah cukup lama menikah, tetapi kisah cinta Pangeran William dan Kate Middleton selalu menarik diulas. Termasuk cincin pertunangan Kate Middleton juga memiliki sejarah tersendiri.

Cincin berhias safir itu berharga 3 juta pondsterling atau Rp 56 milliar dan pertama kali dimiliki mendiang Putri Diana.

Saat Putri Diana dan Pangeran Charles berbelanja di toko perhiasan kerajaan Garrard pada tahun 1981, Pangeran Charles tertarik pada cincin itu.

Cincin berhias safir 12 karat bertabur 14 berlian itu mirip dengan desain bros milik Pangeran Albert.

Bros tersebut diberikan oleh Pangeran Albert untuk Ratu Victoria sebelum menikah di tahun 1840.

Ratu Victoria menggunakannya sebagai lambang cinta dan kesetiaan selama pernikahan.

Ratu Victoria pun sangat menyukainya hingga ia menjadikannya aksesoris pribadi sampai Pangeran Albert wafat di tahun 1861.

Setelah Ratu Victoria meninggal, dia mengamanatkan bros itu agar menjadi pusaka mahkota sehingga tetap harus menjadi milik keluarga kerajaan.

Ratu Elizabeth II pun selalau memakainya pada hari-hari khusus, seperti saat bertemu John F. Kennedy dan pada pembaptisan Pangeran William.

Baca juga: Berlian Putri Diana dalam Cincin Tunangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Dengan kisah indahnya itu, tak heran jika Pangeran Charles melamar wanita yang dicintainya dengan cincin safir itu.

Ketika Putri Diana meninggal pada tahun 1997, kedua putranya dibawa ke Istana Kensington untuk memilih "kenang-kenangan" darinya.

Saat itu, Pangeran William memilih arloji Cartier dan Pangeran Harry memilih cincin tersebut.

Saat Pangeran William memutuskan untuk melamar Kate Middleton, Pangeran Harry membiarkan kakaknya memberikan cincin itu untuk wanita yang dicintainya.

"Mereka memiliki perjanjian siapa pun yang bertunangan terlebih dahulu akan memiliki cincin Diana," kata seorang sumber.

Meski cincin milik Putri Diana telah diberikan kepada kakak iparnya, Pangeran Harry masih memiliki cara menyentuh untuk mengenang sang ibu saat melamar wanita pujaannya.

Pangeran Harry menggunakan dua berlian dari koleksi Putri Diana untuk membuat cincin yang ia gunakan untuk melamar Meghan Markle.

Baca juga: Di Balik Kontroversi Cincin Pertunangan Putri Diana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com