Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vans Ambil Inspirasi Kerajinan Tradisional Jepang untuk Sepatu Terbaru

Kompas.com - 05/03/2019, 08:49 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Hypebeast

KOMPAS.com - Vans tampaknya serius menggarap koleksi sepatu dengan semangat keahlian tradisional Jepang.

Setelah memulai debut pada 2018, label busana streetwear asal California itu konsisten merilis sejumlah koleksi yang disebut "Japan Fabrics Collection". 

Vans Oldskool Japan Fabrics CollectionVANS Vans Oldskool Japan Fabrics Collection

Koleksi tersebut merupakan bagian dari menyoroti keahlian tradisional masyarakat negeri Matahari Terbit soal seni permainan warna dan teknik mendesain tekstil.

Kali ini, ada tiga koleksi dirilis dengan memakai wadah siluet ikonik Vans--Old Skool, Era dan Slip On. Masing-masing punya ciri khas sendiri.

Old Skool, misalnya, disesuaikan dengan pola "Ichimatsu", yang jamak dikenal dengan pola era Edo, yang digunakan untuk membuat kimono dan aksesori. Teknik ini diberikan sebagai pola gaya kotak-kotak, dan dicetak pada katun ringan.

Vans Era Japan Fabrics CollectionVANS Vans Era Japan Fabrics Collection

 

Sementara itu, siluet Era menampilkan cetak jacquard yang terinspirasi oleh Spider Chrysanthemum (“Rangiku”), dengan warna nila dan merah bercampur menjadi satu.

Terakhir, siluet Slip-On mendapat gambar dengan pola jacquard goldfish ("Kingyo")--ikan ikonik yang mengalir melintasi kain katun kokoh yang dikenal sebagai "shantung," kain yang paling umum digunakan untuk tirai di Jepang saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Hypebeast
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com