Kompas.com - 05/03/2019, 09:16 WIB
Tampilan natal keluarga Kerajaan Inggris Tampilan natal keluarga Kerajaan Inggris

KOMPAS.com - Banyaknya penyalahgunaan di media sosial, terutama yang menimpa tokoh terkenal, menjadi alasan bagi pihak Kerajaan Inggris untuk merilis panduan agar media sosial milik istana menjadi "lingkungan yang aman".

Informasi ini dikeluarkan langsung lewat pernyataan resmi pada hari Senin (4/3/2019). Menurut pihak istana.

Pihak istana akan memblokir, bahkan memenjarakan pengguna media sosial yang memberi komentar negatif di akun kerajaan.

Dalam pernyataan tersebut, keluarga kerajaan meminta siapapun yang mengikuti media sosial mereka untuk menunjukkan sopan santun, kebaikan dan rasa hormat untuk sesama pengguna.

"Untuk membantu menciptakan lingkungan yang aman ini, kami telah menetapkan beberapa pedoman yang berlaku untuk keterlibatan apa pun dengan kami atau anggota komunitas lainnya di salah satu saluran media sosial kami," demikian isi pernyataan tersebut.

Langkah ini dilakukan karena meningkatnya penyalahgunaan media sosial yan diarahkan kepada keluarga kerajaan dalam beberapa bulan terakhir, terurama kepada Kate dan Meghan yang kerap menjadi korban.

Baca juga: Anggota Keluarga Kerajaan Inggris Tersibuk Selama 2018

Pedoman tersebut dibagikan lewat unggahan di akun resmi keluarga kerajaan, termasuk akun Istana Kensington dan Clarence House.

Isi pedoman meminta para pengguna media sosial tidak boleh meninggalkan komentar berupa spam, fitnah, menipu, kata-kata menjijikan, menyinggung kasar, penuh kebencian, kemarahan atau mempromosikan kekerasan seksual.

Para pengguna media sosial juga tak boleh meninggalkan komentar berisi diskriminasi berdasarkan ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, kecacatan, usia atau orientasi seksual.

Pihak istana juga melarang para pengikut di media sosialnya untuk memasukan informasi di luar topik, tidak relevan atau tidak dapat dipahami atau mengandung iklan atau mempromosikan layanan apa pun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.