Selain Sumatera, Tiga Kopi Indonesia Ini Juga Disajikan Starbucks

Kompas.com - 06/03/2019, 08:09 WIB
Biji kopi Sumatra Starbucks KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYABiji kopi Sumatra Starbucks
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Kopi Sumatera memiliki pamor baik di kalangan penikmat kopi Starbucks.

Bahkan, CEO Starbucks Indonesia Anthony Cottan pernah berujar jika kopi Sumatera paling digemari konsumen Starbucks dunia.

Baca juga: Kopi Sumatera Paling Digemari di Seluruh Starbucks Dunia

Tapi tahukah kamu kalau Starbucks tak hanya menyajikan kopi Sumatera?

Kepada Kompas.com, General Manager Starbucks Farmer Support Center (FSC) Surip Mawardi mengungkapkan, peritel kopi asal Amerika Serikat tersebut juga mengambil kopi di Jawa Barat, Bali dan Sulawesi.

"Di Sulawesi kami (ambil) dari Toraja dan Enrekang. Lalu Jawa Barat, petani Pengalengan. Kalau Bali hanya dari Kintamani saja," kata Surip saat acara Art in a Cup 2019, Starbucks Teuku Cik Ditiro, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Surip melanjutkan, kendati masing-masing kopi memiliki cita rasa, namun ada kemiripan, seperti Jawa yang memang memiliki kemiripan dengan Sumatera. Lalu Sulawesi yang memiliki kemiripan seperti Bali.

"Sulawesi, misalnya, flavor sangat kuat, tapi body kurang. Kalau single originbagi yang suka keasaman tinggi, wangi, pilih Sulawesi. Nah, tapi kalau Sumatera kebalikan, body kuat dan agak earthy," kata Surip.

"Di dunia pun, orang Amerika suka dengan body kuat dan kompleks flavor."

Kendati demikian, menurut Surip, kopi di tiga daerah tersebut belum dapat dijual dalam bentuk biji seperti Kopi Sumatera. Penyajian kopi di tiga daerah itu hanya untuk Starbucks Reserve, salah satu lini khusus penyajian kopi-kopi premium.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X