Minum Kopi Saat Stres, Meredakan Atau Justru Bikin Makin Stres?

Kompas.com - 12/03/2019, 16:45 WIB
Ilustrasi minum kopi shutterstockIlustrasi minum kopi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Setiap orang punya cara masing-masing untuk meredakan stres. Ada yang merasa pikirannya lebih jernih setelah mendengarkan musik, jalan-jalan ke taman, atau hanya sekadar minum kopi.

Ya, sebagian orang menganggap kopi sebagai minuman mujarab untuk mengatasi stres. Namun, ada juga yang bilang kalau minum kopi saat stres justru bisa memperparah keadaan. Mana yang benar?

Kebanyakan orang akan siap sedia secangkir kopi di pagi hari. Katanya, minum kopi bisa meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan fokus saat kerja. Namun, apakah efeknya akan sama jika kita minum kopi saat stres?

Jika selama ini kamu rutin minum kopi saat stres, dengan harapan suasana hati akan membaik setelahnya, maka kamu salah besar. Yang ada, kebiasaan ini justru bisa bikin makin stres.

Saat mengalami banyak tekanan atau stres, tubuh memproduksi hormon kortisol alias hormon stres. Jangan salah, hormon kortisol ini justru berfungsi sebagai pengatur gula darah agar gula bisa diolah menjadi sumber energi. Dengan begitu, tubuh jadi lebih bertenaga dan fokus saat bekerja.

Sayangnya, setiap stimulan memiliki efek samping kecemasan. Begitu juga kafein. Begitu dikatakan Christopher N. Ochner, PhD, seorang asisten dosen di Icahn School of Medicine di Mount Sinai.

Semakin tinggi rasa cemas, kita pun akan makin susah tidur. Alih-alih menenangkan, kurang tidur justru bikin seseorang semakin stres saja.

Hal ini disetujui oleh Roberta Lee, MD, ketua departemen Integrative Medicine di Mount Sinai Beth Israel. Menurutnya, efek kafein pada kopi justru membuat orang semakin gelisah. Yang ada, minum kopi saat stres akan semakin membuat seseorang tidak tenang dan kelelahan.

Tips aman minum kopi saat sedang stres

Sebetulnya, kita boleh saja minum kopi saat stres. Hanya saja, perhatikan dosisnya dan pastikan jangan sampai berlebihan.

Bagi yang terbiasa minum kopi saat stres, ikuti tips amannya berikut ini.

  • Jangan minum kopi kebanyakan. Batasi minum kopi dalam sehari, yaitu maksimal 4 cangkir setiap hari. Jika kamu mengalami sakit kepala atau nyeri otot, kurangi lagi porsinya.
  • Hindari minum kopi di atas jam 2 siang. Ini bertujuan supaya efek kopi tidak mengganggu jam tidur di malam hari.
  • Istirahat yang cukup. Pastikan mendapatkan cukup tidur minimal 7-8 jam sehari supaya terhindar dari stres.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X