Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Persahabatan L'Occitane dengan Perempuan Burkina Faso

Kompas.com - 13/03/2019, 11:34 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Banyak kisah tentang perempuan di berbagai belahan dunia diceritakan kembali dalam peringatan Hari Perempuan Sedunia. Salah satunya dari Burkina Faso.

Kisah persahabatan, cinta, dan kepercayaan antara produsen perawatan tubuh L'Occitane dengan perempuan-perempuan di Burkina Faso sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 80-an.

Banyak perempuan yang tinggal di desa-desa negara Afrika Barat itu mendapatkan penghasilan dari mengolah biji buah shea menjadi butter atau krim.

Kegiatan itu sudah menjadi semacam tradisi karena bagi mereka shea butter adalah emas. Maka pengolahan dan pemakaian shea juga diwariskan turun temurun dari ibu ke anak-anak.

Rupanya para perempuan itu mengetahui bahwa shea butter memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Selain melembapkan, shea butter juga bisa berfungsi sebagai tabir surya.

Selain itu shea butter juga melindungi kulit dari bakteri, dan memiliki kemampuan sebagai penyembuh alami untuk berbagai jenis penyakit kulit seperti eksim, gatal-gatal, bintik-bintik gelap, dan bekas luka di kulit.

Manfaat lain shea adalah untuk meratakan warna kulit, mengencangkannya, sekaligus menunda munculnya keriput atau penuaan dini.

Karena khasiat itulah, L'Occitane tertarik menggunakan bahan tersebut dalam produknya, bahkan menjadi salah satu produk andalan perusahaan asal Provence, Prancis ini.

Ilustrasi shea buttershutterstock Ilustrasi shea butter
Namun tak sekedar membeli hasil olahan para perempuan di Burkina Faso, L'Occitane juga menjalin persahabatan sekaligus melindungi warisan budaya para perempuan ini.

Ketika kerjasama dimulai, memang baru ada lusinan perempuan yang terlibat, dan mereka masih melakukan pengolahan secara tradisional menggunakan tangan.

Seiring perjalanan, kini ada lebih dari 10 ribu perempuan membuat shea butter untuk L'Occitane dan mereka sudah menggunakan mesin dan peralatan modern lain.

Lalu saat L'Occitane Foundation diciptakan tahun 2006, kerjasama dengan para pengolah shea butter itu diperkuat dengan mendorong para perempuan untuk emansipasi agar bisa lebih mendapat tempat dalam masyarakat.

Aksi yang dilakukan adalah mengajarkan baca tulis, memberikan pinjaman lunak, melatih kewirausahaan, serta memberi pendidikan untuk para perempuan. Sampai hari ini, program tersebut sudah melibatkan lebih dari 30.000 perempuan.

Nah untuk menandai persahabatan tersebut sekaligus memperingati Hari Perempuan Sedunia, L'Occitane memiliki tradisi untuk mengeluarkan produk bernama Solidarity Balm.

Dari tahun ke tahun, produk ini menggunakan bahan dasar shea butter, namun memiliki aroma dan motif wadah berbeda untuk setiap tahunnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com