Kompas.com - 13/03/2019, 14:14 WIB
Ilustrasi tidur. ShutterstockIlustrasi tidur.

KOMPAS.com - Kualitas tidur yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati, dan jika berlanjut, dapat berisiko pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, ginjal, stroke dan diabetes.

Memastikan kenyamanan lingkungan tidur memang sangat penting, seperti memastikan suhu kamar yang tepat dan kenyamanan kasur.

Namun, para ahli percaya beberapa makanan tertentu juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Menurut ahli, minum susu pisang sebelum tidur dapat membantu mengendurkan otot-otot dan membuat tidur malam lebih nyenyak.

Kita sering mendengar anjuran minum susu sebelum tidur. Susu yang merupakan makanan kaya protein mengandung triptofan asam amino pemicu tidur.

Triptophan diperlukan bagi tubuh untuk memproduksi serotonin, serotonin kemudian digunakan untuk membuat melatonin, hormon yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, menurut para ahli dari Healthline - penyedia informasi kesehatan milik swasta di AS - kita bisa menambahkan pisang ke dalam susu agar lebih efektif membuat kita tidur nyenyak.

Para ahli berpendapat, pisang adalah buah yang bagus untuk otot yang mengalami stres berlebih.

Kandungan magnesium dan kalium di dalamnya dapat mengatasi insomnia, terutama untuk orang dewasa atau berusia lebih tua.

Baca juga: Konsumsi Susu Bantu Kurangi Risiko Masalah Jantung?

Pisang juga mengandung triptofan atau asam amino yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Magnesium dalam pisang juga bisa bertindak sebagai pelemas otot alami.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X