Kompas.com - 13/03/2019, 20:07 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Seperti halnya bagian tubuh lain, area vagina juga harus rutin dibersihkan. Karena area ini termasuk sensitif, ketahui cara benar merawat kesehatannya.

Area kewanitaan sangat lembab sehingga jika kurang dijaga kebersihannya bisa menyebabkan berbagai masalah, antara lain keputihan ataupun gatal-gatal karena jamur.

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang dimuat di Jurnal Skala Husada, 75 persen wanita Indonesia pernah mengalami keputihan setidaknya sekali dalam hidupnya.

Namun, cara membersihkan yang salah atau berlebihan juga dapat memicu gangguan di organ reproduksi.

“Keputihan misalnya, ini merupakan salah satu gejala adanya masalah di organ reproduksi. Jika tidal ditangani dengan baik, berisko mengakibatkan infeksi,” kata dr.Dinda Derdameisya, Sp.OG, dalam acara peluncuran Andalan Feminine Care Intimate di Jakarta (13/9).

Ia menjelaskan beberapa hal yang perlu diketahui wanita saat menjaga area intimnya.

  • Selalu membasuh area kewanitaan menggunakan air bersih.
  • Rajin mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari dan pada saat area kewanitaan sedang lembab.
  • Memilih bahan pakaian dalam yang memiliki sirkulasi udara baik dan tidak menimbulkan iritasi.
  • Menggunakan produk pembersih vagina yang tepat dengan kandungan prebiotik dan bahan alami serta memiliki pH balance berkisar antara 3.5-4.9, sehingga aman dan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan area kewanitaan.

Varian Andalan Feminine Care Intimate Wash.Dok DKT Varian Andalan Feminine Care Intimate Wash.

Tiga varian

Ditambahkan oleh Brand Manager Andalan Feminine Care, Maharani Anindita, masih banyak miskonsepsi di masyarakat terkait penggunaan produk pembersih kewanitaan.

“Sebagian wanita mash percaya cara tradisional jauh lebih alami, sehingga masih melakukan praktik merebus daun sirih tanpa tahu hal itu belum tentu higienis dan sehat,” kata Maharani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.