Mengapa Bagian Freezer Kulkas Tak Memiliki Lampu?

Kompas.com - 14/03/2019, 12:00 WIB
Freezer compartment of a refrigerator containing meat and frozen vegetables as well as bread Gilles_PaireFreezer compartment of a refrigerator containing meat and frozen vegetables as well as bread

KOMPAS.com - Saat membuka kulkas di malam hari, kita pasti menyadari di bagian freezer sama sekali terlihat gelap.

Padahal, bagian lain di lemari es memiliki lampu yang menyala saat kita membukanya.

Kira-kira, mengapa bagian freezer ini tak dipasangi lampu? Ternyata, semua itu karena alasan penghematan.

Robert H. Frank, seorang profesor ekonomi di Cornell University, mengatakan semua bermuara pada prinsip yang disebut "biaya-manfaat" atau cost-benefit principle.

Biaya untuk memasang lampu di freezer sama dengan biaya untuk memasang lampu di seluruh bagian lemari es. Padahal, ukuran freezer relatif lebih kecil dari bagian kulkas yang lain.

Pada dasarnya, cahaya dalam kulkas bermanfaat agar makanan mudah ditemukan. Namun, karena orang cenderung membuka lemari es lebih sering dari pada freezer, biaya penambahan lampu di bagian ini lebih besar daripada manfaatnya.

Untuk menghemat biaya produksi, produsen kulkas memilih untuk tak memasang lampu.

Pakar teknisi kulkas Ed Dougherty juga sepakat dengan hal ini. Menurutnya, penelitian telah menunjukkan orang tidak membuka freezer sebanyak mereka membuka kulkas.

Selain es krim  dan makanan serupa, ketika orang membuka freezer, mereka biasanya menyimpan makanan yang perlu persiapan lebih lanjut agar bisa dimakan. Kemungkinan besar, memerlukan lampu dapur saat mengolahnya.

Baca juga: Untuk Rasa Terbaik, Jangan Simpan Cokelat di Freezer

Dengan demikian, manfaat lampu di freezer jauh lebih sedikit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X