Mengapa Bagian Freezer Kulkas Tak Memiliki Lampu?

Kompas.com - 14/03/2019, 12:00 WIB
Freezer compartment of a refrigerator containing meat and frozen vegetables as well as breadGilles_Paire Freezer compartment of a refrigerator containing meat and frozen vegetables as well as bread

KOMPAS.com - Saat membuka kulkas di malam hari, kita pasti menyadari di bagian freezer sama sekali terlihat gelap.

Padahal, bagian lain di lemari es memiliki lampu yang menyala saat kita membukanya.

Kira-kira, mengapa bagian freezer ini tak dipasangi lampu? Ternyata, semua itu karena alasan penghematan.

Robert H. Frank, seorang profesor ekonomi di Cornell University, mengatakan semua bermuara pada prinsip yang disebut "biaya-manfaat" atau cost-benefit principle.

Biaya untuk memasang lampu di freezer sama dengan biaya untuk memasang lampu di seluruh bagian lemari es. Padahal, ukuran freezer relatif lebih kecil dari bagian kulkas yang lain.

Pada dasarnya, cahaya dalam kulkas bermanfaat agar makanan mudah ditemukan. Namun, karena orang cenderung membuka lemari es lebih sering dari pada freezer, biaya penambahan lampu di bagian ini lebih besar daripada manfaatnya.

Untuk menghemat biaya produksi, produsen kulkas memilih untuk tak memasang lampu.

Pakar teknisi kulkas Ed Dougherty juga sepakat dengan hal ini. Menurutnya, penelitian telah menunjukkan orang tidak membuka freezer sebanyak mereka membuka kulkas.

Selain es krim  dan makanan serupa, ketika orang membuka freezer, mereka biasanya menyimpan makanan yang perlu persiapan lebih lanjut agar bisa dimakan. Kemungkinan besar, memerlukan lampu dapur saat mengolahnya.

Baca juga: Untuk Rasa Terbaik, Jangan Simpan Cokelat di Freezer

Dengan demikian, manfaat lampu di freezer jauh lebih sedikit.

Selain itu, penumpukan kirstal es membuat kelembaban udara menumpuk saat freezer dibuka.

Ini bisa mengurangi efisiensi freezer dan kegunaan cahaya sehingga lampu yang dipasang dalam freezer menjadi sia-sia.

Sifat panas dari lampu akan mempengaruhi suhu di dalam freezer yang berarti turut mempengaruhi makanan yang disimpan di dalamnya.

Namun, tak semua freezer tidak memiliki lampu. 

"Secara umum, manfaat fitur seperti itu yang diukur dengan apa yang orang mau bayar untuk mereka, cenderung meningkat dengan meningkatnya pendapatan," tulis Frank.

Dengan kata lain, prinsip biaya-manfaat memprediksi bahwa konsumen dengan pendapatan yang sangat tinggi mungkin berpikir lampu di freezer sepadan dengan biaya tambahan.

Beberapa perusahaan bahkan telah memutuskan untuk melayani pelanggan yang bersedia membayar lebih dan ingin freezer dengan teknologi canggih.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Segar Bisa Disimpan di Kulkas?




Close Ads X