Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fashion Karya Mahasiswa yang Memanfaatkan Plastik Daur Ulang

Kompas.com - 15/03/2019, 14:12 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Sejumlah karya mahasiswa sekolah desain yang menggunakan bahan plastik daur ulang sebagai material fashion yang layak pakai ditampilkan di Singapura.

Hasil karya mahasiswa MDIS School of Fashion and Design itu ditampilkan dalam acara pagelaran busana pada 11 Maret 2019 dalam rangka 70 tahun terbentuknya persemakmuran.

“Tema kami untuk tahun 2019 ini adalah ‘A Connected Commonwealth’, yang mendorong kolaborasi untuk melindungi lingkungan hidup dan menciptakan kesinambungan,” kata  British High Commissioner to Singapore Scott Wightman dalam siaran pers.

Karya Agata Maureen. Dok MDIS Karya Agata Maureen.
Dalam acara tersebut, para mahasiswa diminta mendesain fashion yang santun dan relevan dengan perkembangan zaman, namun memikirkan aspek kelayakan dan kesinambungan dari desain.

Sebanyak 12 mahasiswa dari MDIS School of Fashion and Design merespon tantangan ini dengan menghasilkan karya yang terinspirasi dari budaya dan lingkungan.

Beberapa desain yang cukup unik ditampilkan, misalnya saja karya Charis Tan, mahasiswa asal Singapura yang terinspirasi dari seni ornamentali Islami dan arkitektur masjid. 

Karya Khvan MariyaDok MDIS Karya Khvan Mariya

“Pola geometrikal yang rumit dan detail memiliki makna yang mendalam dan inilah yang menarik minat saya,” ungkap Tan.

 Mahasiswa asal Indonesia, Agata Maureen, 21, mendapat inspirasi desian dari wayang kulit dan Antelope Canyon (Tebing Kijang). 

"Untuk menonjolkan nuansa siluet wayang kulit pada desain, saya menggunakan teknik lipat (pleating technique) untuk detailnya agar dapat menciptakan garis curcy Antelope Canyon. Silhouette dan details ini adalah untuk memberikan kesan feminim," ungkapnya. 

Para mahasiwa tersebut membuktikan bahwa fashion dari material sederhana dapat terlihat sangat stylish.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com