Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2019, 16:08 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Bau kaki pasti sangat mengganggu. Bukan hanya diri sendiri, orang lain pun ikut tersiksa mencium bau tidak sedap ini.

Nah, salah satu cara mencegah kaki bau adalah memakai kaus kaki. Namun, benarkah cara ini efektif?

Selain ketiak, kaki juga bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Kenapa? Kaki yang bertugas untuk menopang dan membantu berjalan dan berlari ternyata bisa juga berkeringat.

Saat bakteri yang ada di sekitar kaki memakan sel kulit mati dan minyak di kulit kaki, bakteri akan membentuk asam organik. Nah, asam inilah yang menimbulkan bau menyengat ketika terhirup.

Bakteri yang menempel di kulit kaki atau sepatu terdiri dari beragam jenis. Umumnya disebabkan oleh Brevibacteria, yang memakan kulit mati di kaki dan menghasilkan bau belerang di kaki.

Ada juga Propionibacteria yang menghasilkan asam propionat yang berbau cuka dan Staphylococcus epidermidis yang menghasilkan bau apak.

Untuk mencegah bau kaki yang mengganggu ini, kita perlu melakukan beberapa hal. Salah satu caranya dengan memakai kaus kaki.

Baca juga: Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap dan Cara Mengusirnya

Meski kelihatannya sepele, cara ini ternyata cukup ampuh untuk mengurangi bahkan mencegah bau pada kaki. Pilih kaus kaki terbuat dari katun atau wol yang dapat menyerap keringat dengan baik dan membuat kaki bernapas lega.

Hindari memakai sepatu tanpa kaus kaki maupun memilih kaus kaki berbahan nylon, polyster, atau acrylic. Bahan-bahan tersebut tidak menyerap keringat dengan baik, membuat kaki jadi lembap, sehingga mudah bau.

Jika pilihan kaus kaki sudah tepat, kebersihan kaus kaki juga harus dijaga. Kaki akan tetap bau jika kaus kaki yang kamu pakai hanya itu-itu saja. Pasalnya, kaus kaki yang dipakai berhari-hari ini sudah terkena keringat dan menumpuk bakteri. Jadi, kamu perlu mengganti kaus kaki dengan rutin, yaitu satu hari sekali.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.