Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2019, 09:34 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orangtua punya cara sendiri dalam mendidik anak, termasuk penyanyi Riafinola Infani Sari atau akrab disapa Nola "Be3".

Ditemui saat Bincang Shopee, Jumat (15/3/2019), ibunda dari penyanyi Adyla Rafa Naura Ayu dan Anodya Shula Neona Ayu ini mengaku punya cara jitu untuk membuat anak menurut, tanpa harus dengan cara keras.

Menurut Nola, terkadang ia menggunakan nyanyian seperti drama musikal ketika memberi tahu anak untuk melakukan sesuatu, atau melarang. 

"Anak-anak kan kalau disuruh langsung biasanya enggak mau gerak ya. Nah, kalau dibikin seru-seruan sambil nyanyi, seperti, 'ayo mandi, kita mau pergi. Kalau gak mau mandi, kita gak bisa pergi'."

"Nah, kadang mereka pun juga jawabnya sambil nyanyi," kata Nola.

Cara ini dilakukan karena Nola menganut prinsip untuk belajar sembari bermain. Menurutnya, musik adalah salah satu caranya, karena termasuk bermain.

Apalagi, kata Nola, dalam kasus melarang anak, orangtua seringkali menggunakan kata 'jangan' yang sebenarnya tak boleh terbiasa dipakai.

Untuk mengakali itu, Nola menerapkan metode bernyanyi agar anak tak merasa dibatasi.

Menariknya, Nola merasa ajaran tersebut berhasil, karena sang anak patuh, plus ikut-ikutan bernyanyi karena senang.

"Tanpa aku sadari, itu jadi ajang main dengan anak. Mereka jadi happy dan kita ajari anak tanpa kamu harus ini harus itu," katanya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com