Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2019, 08:53 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada alasan di balik harga mahal sebuah produk kulit handmade. Setidaknya itu pelajaran yang diambil Kompas.com setelah mengikuti workshop The Tavern bersama Voyej.

Voyej merupakan brand asal Indonesia yang memproduksi produk kulit berkualitas.

Workshop kali ke-5 The Tavern ini adalah membuat sandal slide dari kulit nabati atau biasa disebut vegetable tanned leather.

Semula, membuat sandal slide tampak mudah, dibanding produk kulit lain seperti tas, dompet hingga card holder. Sebab, sandal slide tak memiliki banyak jahitan selain pada di sisi kanan-kiri cap.

Namun, setelah dicoba, ternyata butuh ketelitian dan keahlian untuk mendapatkan hasil sempurna.

Workshop yang dipandu oleh Bayu Prawira, product marketing assistant dari Voyej tersebut dimulai dari proses pemotongan. Ada tiga pola, untuk sol, bagian tapak, dan cap

Proses pemotongan pun harus sesuai ukuran kaki dan dilakukan dengan menggunakan cutter. Pastikan mata pisau tajam, sehingga kulit nabati yang tergolong memiliki serat tebal terpotong dengan sempurna.

Proses setelang pemotongan pola slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Proses setelang pemotongan pola slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Setelah itu buat garis kurang lebih 3 mm dari tepi dengan groover pada pola cap dan tapak. Untuk cap dibuat di bagian depan dan belakang, sementara untuk tapak disesuaikan pada pola cap.

Fungsi garis ini, selain untuk lem, juga acuan jahitan. Ada pun proses pengeleman dilakukan dengan lem putih.  

Kemudian buat lubang dengan stitching punch dua lubang. Pastikan lubang yang dibuat besar, sehingga tak membuat kesulitan ketika proses menjahit.

Ketika semua sudah terlubangi, waktunya untuk menjahit. Nah, untuk panjang benang yang dipakai yakni 5x lebar cap untuk setiap sisi.

Kamu perlu dua jarum yang dipasangkan di kedua ujung benang. 

Proses setelah pengeleman dan pelubangan slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Proses setelah pengeleman dan pelubangan slide kulit handmade yang dibuat saat workshop dengan The Tavern by Voyej, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Waktunya menjahit

Pada proses ini, perlu memerhatikan betul agar jahitan kuat. Ada pun pola yang dipakai adalah naik, di mana jahitan pertama dimulai dari lubang kedua. Jarum dimasukan dari sisi kiri, kemudian kembali masukan jarum tersebut ke lubang pertama dari sisi kanan dengan jarum yang sama. 

Kemudian masukan jarum yang sama lagi ke lubang kedua, namun posisinya berada di depan jahitan pertama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com