Konsep Baru Clarks, Apa Bedanya dengan yang Dulu?

Kompas.com - 17/03/2019, 11:47 WIB
Koleksi Clarks Kompas.com/WisnubrataKoleksi Clarks
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita tentu masih ingat bahwa gerai-gerai sepatu Clarks ditutup tahun 2018 lalu dengan diskon besar-besaran.

Konon alasan penutupan adalah karena sepatu-sepatu yang ditawarkan kalah bersaing dengan tren sneakers dan sepatu kasual yang populer belakangan ini.

Padahal sebenarnya banyak pesohor tetap terlihat mengenakan Clarks, seperti David Beckham, Pangeran Harry, hingga Kanye West yang merancang Yeezy.

Namun sebagai perusahaan yang sudah ada sejak hampir 200 tahun lalu, Clarks dianggap merek yang menawarkan sepatu untuk orang-orang tua saja.

Rupanya beberapa orang masih belum tahu bahwa brand asal Inggris itu hadir lagi di Indonesia sejak akhir tahun lalu dengan konsep yang berbeda, dengan merangkul semua usia, tanpa meninggalkan nama besarnya.

Lalu seperti apa konsep baru tersebut? Mengapa Clarks berani membuka gerai kembali di Indonesia, bahkan banyak gerai rencananya?

Baca juga: Cerita di Balik Kembalinya Clarks ke Indonesia

Kompas Lifestyle mendapat kesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan Guillaume Nagy, president Clarks untuk South East Asia dan Oceania, sebelum ia meresmikan gerai Clarks di Pondok Indah Mal beberapa waktu lalu. Berikut wawancaranya:

Kompas.com: Apa konsep baru yang dibawa Clarks saat kembali ke Indonesia, dan apa bedanya Clarks dulu dengan sekarang?

Guillaume Nagy, president Clarks untuk South East Asia dan Oceania.Kompas.com/Wisnubrata Guillaume Nagy, president Clarks untuk South East Asia dan Oceania.
Nagy: Apa yang kami lakukan di Indonesia adalah bagian dari strategi global dengan adaptasi spesifik pada pasar. Selama beberapa tahuh terakhir, terjadi banyak perubahan internal di Clarks.

Saya bergabung dengan Clarks Juni 2017, atau sekitar 1,5 tahun lebih, hampir dua tahun. Mandat yang saya dapatkan adalah melakukan transformasi dan menterjemahkan strategi baru perusahaan menjadi langkah-langkah yang spesifik menyesuaikan pasar.

Halaman Selanjutnya


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X