Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Bawa "Infused Water" saat Debat Cawapres, Apa Manfaatnya?

Kompas.com - 17/03/2019, 23:43 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam sesi  ketiga yang berlangsung pada minggu (17/3/2019) di Hotel Sultan, Jakarta.

Calon presiden nomor urut kedua, Sandiaga Salahuddin Uno, tertangkap kamera membawa botol berisi air khusus.

Botol tersebut nampaknya berisi air dengan potongan lemon yang biasa disebut dengan infused waterLalu, apa itu infused water?

Dilansir dari laman Hello Sehat, infused water adalah air mineral yang dicampurankan dengan berbagai macam potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah.

Minuman ini biasanya disimpan dalam sebotol air mineral dan dinginkan di dalam kulkas setidaknya 1-12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air.

Setelah didiamkan dalam waktu yang lama, potongan buah atau sayuran yang digunakan biasanya akan menjadi lembek.

Manfaat infused water

Seperti yang kita ketahui selama ini, Sandiaga Uno memang sangat memperhatikan kesehatannya. Selain rajin berolahraga, pria 49 tahun ini juga terlihat menjaga asupan makanannya.

Bukan hanya kali ini saja Sandi terlihat membawa infused water. Saat mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Jakarta pun, Sandi juga kerap membawa botol berisi air dengan potongan buah tersebut.

Bagi Sandi, mengonsumsi infused water adalah caranya untuk tetap bugar di tengah padatnya akivitas.

Dalam sesi wawancara dengan Kompas.com di tahun 2017, Sandiaga bercerita, sang istri, Nur Asia, yang kali pertama memperkenalkan dia dengan infused water.

Nur berpesan kepada Sandiaga untuk selalu membawa infused water sebagai bekal untuk minum agar stamina tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi. Sandiaga pun menurutinya dan membiasakan diri meminum infused water.

Mengonsumsi infused water ini juga dijadkan oleh Sandiaga sebagai salah satu cara menyembuhkan penyakit. Pada akhir tahun 2015, dokter memvonis Sandiaga tidak bisa bicara karena ada tumor kecil di pita suara.

Baca juga: 5 Jenis Buah untuk Membantu Turunkan Berat Badan

Tumor itu harus diangkat. Bila operasi sukses, maka dia perlahan akan pulih kembali. Sementara bila gagal, maka dia tak bisa bicara kurang lebih enam sampai sembilan bulan.

"Waktu itu saya didoain (istri) dan minum infused water lebih sering, ternyata doanya baik dan bermanfaat buat kesehatan," kata Sandiaga.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com