Kompas.com - 18/03/2019, 00:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang unik pada penampilan kedua calon presiden dalam debat sesi ketiga yang diselenggarakan hari Minggu (17/3/2019) di Hotel Sultan, Jakarta.

Ma'ruf Amin, calon presiden (Cawapres) nomor urut satu, tampil dengan gaya khasnya yang konsisten, yaitu mengenakan sarung.

Pria 76 tahun itu melengkapi penampilannya dengan kemeja putih dan kain tenun khas NTT yang digantungkan di bagian lehernya.

Pria kelahiran Tangerang itu pun memperkaya penampilannya dengan peci dan sabuk hitam. Kepribadian Ma'ruf selama ini memang identik dengan religiositas.

Samuel Wattimena, perancang Indonesia, pernah mengatakan di Indonesia sarung bukan sekadar busana yang erat dengan agama. Ia mengatakan, sarung juga identik dengan busana Nusantara sejak dulu.

Bahkan, sebelum masuk bangsa Eropa--Portugis, Inggris dan Belanda--sarung atau pun kain erat dengan busana Nusantara.

Baca juga: Maruf Amin, Sarung, dan Kearifan Lokal...

Cawapres nomor urut dua, Sandiaga Uno, memilih tampil formal dengan jas double brested.

Pria 49 tahun itu memadukan tampilannya dengan kemeja putih dan dasi marun, juga peci hitam persis seperti yang dipakai Ma'ruf.

Jas merupakan pakaian resmi yang dipakai sebagai outer, dan sering dipadukan dengan kemeja dan celana panjang untuk memberikan kesan formal. Menurut Samuel, pakaian ini identik dengan tampilan ala intelektual.

Jas juga identik dengan busana bangsawan dan maksulinitas, yang menunjukan simbol kejantanan, keanggunan, kedinamisan, bakat, dan semua elemen yang secara akurat menunjukan gambaran seorang pria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.