Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Swatch Group Beri Sinyal Tak Akan Balik ke Pameran Baselworld

Kompas.com - 18/03/2019, 09:09 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Watch Pro

KOMPAS.com - Swatch Group, perusahaan manufaktur arloji dan perhiasan asal Swiss tidak akan kembali lagi ke pameran tahunan Baselworld.

Pameran tersebut biasanya diikuti tenant arloji dan perhiasan seluruh dunia.

Ada pun brand arloji di bawah Swatch Group cukup banyak, mulai dari Omega, Mido, Rado, Tissot, Swatch, Longines, Hamilton, Balmain dan lain-lain.

Seperti dilansir laman Watch Pro, dalam sebuah konferensi pers yang menyertai penerbitan laporan tahunan Swatch Group 2018, chief executive Nick Hayek memberi sinyal tidak akan lagi kembali ke Baselword.

"Tidak perlu lagi," kata Hayek. "Dunia telah berubah."

CEO Swatch Group Nick HayekFABRICE COFFRINI CEO Swatch Group Nick Hayek

Sementara itu, saham MCH Group, yang memiliki Baselworld, nilainya jatuh sejak Swatch Group menarik diri dari Baselworld.

Kendati demikian, Baselworld tahun ini, yang dimulai pekan depan, masih akan memiliki lebih dari 500 merek yang dipamerkan, termasuk Rolex dan Patek Philippe.

Acara ini akan digunakan untuk mengungkap pertunjukan yang secara dramatis berbeda dari tahun 2020 dan seterusnya, di mana akan memprioritaskan menarik konsumen daripada pengecer dan media.

Direktur pelaksana baru Baselworld, Michel Loris-Melikoff, yang bertanggung jawab untuk pertama kalinya tahun ini, mengakui bahwa jumlah peserta pameran sedikit mengecewakan, namun ini mendesak industri untuk fokus pada peningkatan pengalaman dan menantikan peluncuran kembali yang besar pada tahun 2020.

"Jumlah ini (500 merek) lebih kecil dari pada tahun 2018 dan tentu saja lebih rendah dari yang kami harapkan", kata Mr Loris-Melikoff.

"Karena itu saya yakin bahwa dengan konsep dan penawaran baru, kami akan dapat mencetak poin dengan peserta pameran dan pengunjung, bersama-sama kami akan mencapai perubahan haluan."

Dia melanjutkan, ia juga berencana untuk menggunakan pertunjukan tahun ini sebagai kesempatan untuk mempresentasikan visi Baselworld 2020 dan tahun-tahun berikutnya kepada peserta pameran dan semua pihak yang berkepentingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Watch Pro
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com