Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Menggoreng Makanan

Kompas.com - 18/03/2019, 09:34 WIB
Ilustrasi menggoreng telur. ThinkstockIlustrasi menggoreng telur.

KOMPAS.com - Meski kurang baik bagi kesehatan, makanan yang digoreng memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Ini membuatnya disukai banyak orang.

Namun, banyak yang tak menyadari adanya kesalahan saat menggoreng makanan yang bisa mengurangi cita rasa makanan.

Berikut tujuh kesalahan menggoreng makanan yang kerap dilakukan.

1. Menggoreng dengan minyak terlalu panas

Saat menggoreng makanan favorit kita, katakanlah ayam goreng, pastikan kita memasaknya dengan suhu yang tepat. Untuk itu, gunakan minyak dengan suhu 162 hingga 198 derajat celsius.

Suhu yang terlalu tinggi membuat makanan terlalu cepat dimasak dan menjadi kering, atau lebih buruk lagi, gosong di bagian luar tapi bagian dalam belum matang sempurna.

2. Minyak yang kurang panas

Minyak yang kurang panas juga akan mengurangi cita rasa makanan. Ini akan menghasilkan makanan yang lembek dan tidak matang dengan sempurna.

Coba gunakan termometer clip-on ketika menggoreng makanan untuk memastikan suhu minyak goreng yang tepat.

3. Menggunakan minyak yang salah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X