Kompas.com - 18/03/2019, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Sekitar dua bulan lalu, CEO Apple, Tim Cook mengatakan bahwa "kontribusi terbesar perusahaannya bagi kemanusiaan" adalah dalam bidang kesehatan.

Kini, menurut sebuah penelitian, visi itu mulai menunjukkan hasil yang nyata.

Sensor detak jantung jam tangan pintar Appel (Apple Watch) ternyata cukup akurat dalam mendeteksi kelainan detak jantung pada seseorang.

Penelitian yang disebut Apple Heart Study itu melibatkan para dokter jantung di Universitas Stanford yang meneliti lebih dari 400.000 orang.

Hasil penelitian itu akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American College of Cardiology's dalam waktu dekat.

Menurut presentasi itu, jam tangan pintar Apple mampu mendeteksi kelainan detak jantung yang terkait dengan penyakit gangguan irama jantung (atrial fibrillation).

Orang yang menderita kondisi itu akan mengalami napas pendek-pendek dan aliran darah tidak lancar. Kondisi ini juga meningkatkan risiko stroke dan gagal jantung.

Apple bukanlah satu-satunya raksasa teknologi yang peduli pada kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir perusahaan seperti Facebook, Alphabet yang murapakan induk perusahaan Google, dan Fitbit, juga melakukan upaya untuk mendeteksi dan mencegah penyakit.

Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari Agar Jantung Tetap Sehat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.