Waspadai Bahaya Bersihkan Telinga dengan "Cotton Bud"

Kompas.com - 19/03/2019, 12:30 WIB
Bersihkan telinga menggunakan cotton bud. ThinkstockBersihkan telinga menggunakan cotton bud.

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk membersihkan kotoran atau cairan kuning (ear wax) di telinga misalnya, memakai cotton bud, terapi lilin atau minyak.

Dari semua cara tersebut, membersihkan telinga dengan cotton bud menjadi yang paling populer, karena bisa dilakukan di rumah, harga cotton bud yang murah dan juga mudah.

Sayangnya, cara yang dianggap efisien ini dapat menimbulkan efek samping. Kasus semacam ini pernah dialami oleh seorang pria 31 tahun asal Inggris yang dilaporkan oleh laman Live Science.

Pria tersebut mengalami infeksi di tulang dasar tengkorak gara-gara membersihkan telinga dengan cotton bud.

Infeksinya ini menyebabkan sakit kepala yang berefek pada muntah, kejang dan kehilangan memori.

Ternyata rasa sakit yang dialaminya bukan baru. Dia telah mengalami rasa sakit dan kehilangan pendengaran di telinga kirinya selama lima tahun. Hasil CT scan akhirnya mengungkapkan ada peradangan di dua daerah area tulang di dasar tengkoraknya.

Baca juga: Benarkah Bau Ketiak Terkait dengan Kotoran Telinga?

Dokter pun melakukan pembedahan dan berhasil mengeluarkan ujung cotton bud yang hilang, dan saat itu sudah tertutup lilin berbagai fragmen. Setelah pencabutan, pendengaran pria itu membaik dan rasa sakitnya mereda.

"Cotton bud tidak boleh digunakan dalam keadaan apa pun," ucap Anshul Morjaria, direktur audiologis di London Hearing Specialist.

Menurutnya, kotoran di telinga harus dibersihkan dokter untuk menghindari kerusakan jangka panjang di telinga.

Cara yang tepat

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X