Kompas.com - 20/03/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi lansia DragonImagesIlustrasi lansia

KOMPAS.com - Kesepian kerap dialami oleh orang lanjut usia yang tinggal terpisah dari anak-anaknya. Kondisi itu bukan hanya berpengaruh pada kondisi mental, tapi juga fisik karena mereka rentan sakit.

Itu sebabnya para ahli merekomendasikan lansia untuk memiliki berbagai kegiatan sosial alias bergaul. 

Di lain pihak, para anak juga sebaiknya meluangkan waktu khusus untuk menemani orangtua mereka.

Penelitian membuktikan, lansia yang tidak kesepian dan punya dukungan sosial, lebih berumur panjang. Sebaliknya, orang tua yang jarang bertemu anak dan temannya risikonya untuk meninggal lebih besar.

Jika tinggal terpisah dengan orangtua, kita bisa meluangkan waktu khusus misalnya seminggu sekali untuk berkunjung atau mengajaknya jalan-jalan. Mengobrol lewat telepon secara rutin juga bisa mengusir kesepian pada orangtua yang tinggal beda kota.

Baca juga: Merawat Cucu Perpanjang Umur Lansia?

Secara psikologi, orang tua juga bisa menjadi sahabat bagi cucunya karena mereka bisa menunjukkan kasih sayangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Orang tua cukup toleran pada ketidaksempurnaan anak-anak, melebihi orang dewasa muda,” kata pekerja sosial bidang geriatri Barbara Moscowitz.

Di perkotaan di Indonesia, tak sedikit lansia yang tinggal bersama anaknya dan ikut mengawasi cucunya. Namun, kita juga perlu menjalin interaksi yang bersifat mendalam dengan mereka. Misalnya dengan mendengarkan keluhan atau keinginan mereka.

 Baca juga: Waktu Muda Kita Cari Duit. Sudah Tua, Duitnya Dihabisin Buat Sehat,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.