Sering Meluangkan Waktu dengan Anak Bikin Orangtua Panjang Umur

Kompas.com - 20/03/2019, 07:10 WIB
Ilustrasi lansiaDragonImages Ilustrasi lansia

KOMPAS.com - Kesepian kerap dialami oleh orang lanjut usia yang tinggal terpisah dari anak-anaknya. Kondisi itu bukan hanya berpengaruh pada kondisi mental, tapi juga fisik karena mereka rentan sakit.

 

Di lain pihak, para anak juga sebaiknya meluangkan waktu khusus untuk menemani orangtua mereka.

Penelitian membuktikan, lansia yang tidak kesepian dan punya dukungan sosial, lebih berumur panjang. Sebaliknya, orang tua yang jarang bertemu anak dan temannya risikonya untuk meninggal lebih besar.

Jika tinggal terpisah dengan orangtua, kita bisa meluangkan waktu khusus misalnya seminggu sekali untuk berkunjung atau mengajaknya jalan-jalan. Mengobrol lewat telepon secara rutin juga bisa mengusir kesepian pada orangtua yang tinggal beda kota.

Merawat Cucu Perpanjang Umur Lansia?

Secara psikologi, orang tua juga bisa menjadi sahabat bagi cucunya karena mereka bisa menunjukkan kasih sayangnya.

“Orang tua cukup toleran pada ketidaksempurnaan anak-anak, melebihi orang dewasa muda,” kata pekerja sosial bidang geriatri Barbara Moscowitz.

Di perkotaan di Indonesia, tak sedikit lansia yang tinggal bersama anaknya dan ikut mengawasi cucunya. Namun, kita juga perlu menjalin interaksi yang bersifat mendalam dengan mereka. Misalnya dengan mendengarkan keluhan atau keinginan mereka.

Waktu Muda Kita Cari Duit. Sudah Tua, Duitnya Dihabisin Buat Sehat,




Close Ads X