Kompas.com - 20/03/2019, 07:32 WIB

KOMPAS.com- Garam menjadi komponen penting untuk menambah cita rasa makanan.

Ada dua jenis garam yang biasa digunakan, yaitu garam meja dan garam laut. Lalu, apa perbedaan kedua jenis garam tersebut?

Umumnya, garam laut sama seperti garam himalaya yang lebih banyak mempertahankan kandungan mineral aslinya, yaitu magnesium dan kalium. Banyak orang berpikir garam laut lebih baik karena kandungan mineralnya.

Namun, para dokter di Mayo Clinic menyebut garam laut dan garam meja memiliki nilai gizi dasar yang sama. Keduanya juga memiliki jumlah natrium yang sama.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Environmental Science and Technology, garam laut tak hanya mengandung mineral tinggi.

Dalam banyak kasus, garam yang berasal dari evaporasi air laut ini juga mengandung limbah plastik karena banyaknya sampah plastik dan pencemar lainnya.

Oleh karena itu, sebagian besar garam laut mengandung partikel mikro plastik.

Semantara itu, garam meja atau yang dikenal dengan sebutan garam dapur diproduksi lewat tambang garam dan mengalami proses proses pengolahan.

Ini membuat garam meja lebih rendah kandungan mineral alaminya. Sejak tahun 1920, produsen garam meja juga menambahkan yodium dalam garam olahan ini.

Yodium merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tiroid. Lalu, apakah garam meja lebih baik untuk dikonsumsi?

 Baca juga: Benarkah Garam Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.