Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2019, 12:25 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com — Ketika menstruasi tiba, banyak wanita justru mengurangi aktivitas fisiknya. Alasannya beragam, dari perut yang kram, rasa tidak nyaman, hingga yang lainnya.

Padahal, olahraga sebetulnya tetap perlu dilakukan ketika menstruasi.

Spesialis Obstetri & Ginekologi sekaligus co-host podcast V-Word, Erica Cahill, MD menjelaskan bahwa olahraga ketika menstruasi ternyata memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi rasa kram yang terjadi.

Menurut Cahill, ada kombinasi dua hal yang terjadi. Pertama, olahraga melepaskan endorfin yang membuat kita merasa bahagia.

Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi level kortisol atau hormon yang dilepaskan tubuh ketika kita stres.

Mengurangi hormon kortisol adalah hal yang besar ketika kita mengalami kram karena hal ini juga bisa mengurangi peradangan.

Endokrinolog reproduksi sekaligus direktur pemeliharaan kesuburan di CCRM New York, Jaime Knopman, MD menjelaskan, kram ketika menstruasi disebabkan oleh kontraksi uterus, seperti kram otot ketika berolahraga.

Kontraksi tersebut diperlukan sebab itulah yang meluruhkan lapisan dinding rahim. Namun, hormon yang memicu proses tersebut menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Itulah mengapa olahraga bisa membantu. Sebab, olahraga mampu menurunkan level kortisol dan menurunkan peradangan.

Namun, ketika rasa sakit yang ditimbulkan karena menstruasi sedang terasa menyiksa dan menyebabkan mood olahragamu menurun, kamu perlu memikirkan kembali apakah olahraga itu perlu.

Jika ingin tetap berolahraga, kamu bisa menggunakan heating pad atau obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen.

Namun, jika rasa sakit yang timbul masih bisa ditangani, respons alami dari berolahraga bisa membantu mengatasi kram sebelum, ketika, dan sesudah menstruasi.

Baca juga: Kram Perut Saat Menstruasi Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com