Kompas.com - 20/03/2019, 12:25 WIB
Ilustrasi olahraga push up nd3000Ilustrasi olahraga push up
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Ketika menstruasi tiba, banyak wanita justru mengurangi aktivitas fisiknya. Alasannya beragam, dari perut yang kram, rasa tidak nyaman, hingga yang lainnya.

Padahal, olahraga sebetulnya tetap perlu dilakukan ketika menstruasi.

Spesialis Obstetri & Ginekologi sekaligus co-host podcast V-Word, Erica Cahill, MD menjelaskan bahwa olahraga ketika menstruasi ternyata memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi rasa kram yang terjadi.

Menurut Cahill, ada kombinasi dua hal yang terjadi. Pertama, olahraga melepaskan endorfin yang membuat kita merasa bahagia.

Selain itu, olahraga juga bisa mengurangi level kortisol atau hormon yang dilepaskan tubuh ketika kita stres.

Mengurangi hormon kortisol adalah hal yang besar ketika kita mengalami kram karena hal ini juga bisa mengurangi peradangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Endokrinolog reproduksi sekaligus direktur pemeliharaan kesuburan di CCRM New York, Jaime Knopman, MD menjelaskan, kram ketika menstruasi disebabkan oleh kontraksi uterus, seperti kram otot ketika berolahraga.

Kontraksi tersebut diperlukan sebab itulah yang meluruhkan lapisan dinding rahim. Namun, hormon yang memicu proses tersebut menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Itulah mengapa olahraga bisa membantu. Sebab, olahraga mampu menurunkan level kortisol dan menurunkan peradangan.

Namun, ketika rasa sakit yang ditimbulkan karena menstruasi sedang terasa menyiksa dan menyebabkan mood olahragamu menurun, kamu perlu memikirkan kembali apakah olahraga itu perlu.

Jika ingin tetap berolahraga, kamu bisa menggunakan heating pad atau obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen.

Namun, jika rasa sakit yang timbul masih bisa ditangani, respons alami dari berolahraga bisa membantu mengatasi kram sebelum, ketika, dan sesudah menstruasi.

Baca juga: Kram Perut Saat Menstruasi Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.