Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memupuk Generasi Sehat untuk Menyambut Bonus Demografi

Kompas.com - 20/03/2019, 18:57 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Indonesia akan mendapatkan bonus demografi antara tahun 2020 dan 2040. Kondisi ini berpeluang memicu pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

Periode emas yang hanya berlangsung selama 20 tahun ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menyiapkan generasi yang sehat, cerdas, dan produktif.

Asisten Deputi Ketahanan Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Lingkungan Kemenko PMK, Meida Octarina, mengatakan anak-anak Indonesia yang sekarang jumlahnya 33 juta akan menjadi penggerak roda kemajuan ke depannya.

"Kita harus menyiapkan generasi emas untuk tahun 2045, dimulai dengan pemenuhan gizi dan kualitas SDM," kata Meida dalam acara peluncuran gerakan "Aksi Nutrisi Generasi Maju" yang diadakan oleh SGM Eksplor di Jakarta (20/3/2019).

Tubuh yang sehat dengan nutrisi lengkap merupakan fondasi tumbuh kembang optimal anak yang menentukan kualitas mereka di masa depan.

Penelitian menunjukkan, kondisi nutrisi dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi dan produktivitas pasar kerja suatu negara.

Baca juga: Hadapi Bonus Demografi, Menkeu Tegaskan Pentingnya Investasi SDM

Upload foto

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan, program Aksi Nutrisi Generasi Maju mengajak masyarakat untuk mengupload foto di media sosial Facebook dan Instagram menggunakan pledge atau sticker gift yang sudah disiapkan.

"Satu aksi melalui foto yang di-upload sama dengan satu dukungan nutrisi berupa satu kotak susu SGM Eksplor untuk anak di atas usia setahun," papar Astrid dalam acara yang sama.

Aksi tersebut menargetkan 33.000 dukungan. Pada tahap pertama, akan dibagikan untuk anak-anak yang berada di kawasan Jawa Barat karena aksesnya paling mudah dijangkau.

Dukungan dari masyarakat, menurut sosiolog Daisy Indira Yasmine, dapat menghasilkan perubahan.

"Kesehatan anak adalah komponen yang penting dalam pembangunan. Untuk mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan, dibutuhkan partisipasi semua pihak," kata Daisy.

Ditambahkan oleh Astrid, gerakan sosial "Aksi Nutrisi Generasi Maju" ini juga akan dilakukan dengan memberikan edukasi nutrisi di 5 kota besar, yaitu Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan.

"Lewat rangkaian tersebut, kami ingin memberikan edukasi tentang nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat agar 33 juta anak Indonesia bisa tumbuh optimal," paparnya.

Baca juga: Bahaya Stunting Ketika Berat Badan Bayi Terus Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com