Ke Mana Perginya Limbah Kosmetikmu?

Kompas.com - 21/03/2019, 08:20 WIB
Supervisor Waste 4 Change Muhammad Andriansyah menunjukkan tahap pertana yang dilalui ketika mereka menerima sampah, yaitu dengan mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya. KOMPAS.com/Nabilla TashandraSupervisor Waste 4 Change Muhammad Andriansyah menunjukkan tahap pertana yang dilalui ketika mereka menerima sampah, yaitu dengan mengelompokkan sampah berdasarkan jenisnya.

KOMPAS.com - Ke mana biasanya kamu membuang limbah kemasan kosmetik?

Pertanyaan ini mungkin tak terpikirkan oleh kita sebelumnya.

Ya, kebanyakan dari kita mungkin hanya membuangnya begitu saja ketika kemasan kosmetik atau produk perawatan kulit lainnya, sudah habis.

Padahal, limbah kosmetik bisa turut menimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu, jika kondisi kemasan masih bagus, pihak-pihak tak bertanggungjawab bisa menggunakan kembali untuk wadah kosmetik palsu.

Setidaknya dua alasan itulah yang membuat The Body Shop Indonesia meluncurkan program "Bring Back Our Bottles" (BBOB), sejak tahun 2008.

Lewat program ini, The Body Shop mengajak konsumen mengembalikan kemasan kosong produk The Body Shop ke toko-toko terdekat.

Baca juga: Masker Oatmeal untuk Kulit Sensitif dari The Body Shop

Kemasan tersebut selanjutnya akan diolah dan didaur ulang untuk hasil yang bermanfaat.

Kemasan yang bisa kamu kembalikan beragam jenisnya. Mulai dari produk shower gel, body scrub, shampoo, hingga produk kosmetik seperti lipstik.

Setelah dijalankan lebih dari 10 tahun, program tersebut dianggap berhasil meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap limbah kosmetik.

"Setiap tahun naik 5-7 persen. Akhirnya customer mulai aware dan semakin mau berpartisipasi. Mereka kan sekalian mengurangi sampah di rumah juga."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X