Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2019, 10:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Persiapan sebelum menikah harus dilakukan dengan matang. Mungkin keperluan utama sudah terpenuhi dengan baik, tapi kamu tetap saja perlu mempersiapkan hal lain. Misalnya, mempercantik diri hingga melakukan diet sebelum menikah.

Ya, banyak calon pengantin yang melakukan berbagai diet supaya saat acara pernikahannya, mereka tampak lebih menarik dan percaya diri.

Lantas, bagaimana sih diet sebelum menikah yang sehat tapi bisa menurunkan berat badan dengan cepat?

Semakin dekat dengan hari pernikahan, kadang calon pengantin tidak mau makan karena benar-benar menjaga makan. Namun, sebaiknya jangan sampai menerapkan diet ekstrem, sampai-sampai saat acara pernikahan kamu malah jatuh sakit.

Sebenarnya, untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman, kita harus melakukannya jauh-jauh hari. Tidak ada diet atau cara instan yang dapat membuat berat badan turun drastis.

Lagi-lagi, tak ada diet khusus untuk para calon pengantin yang mau menurunkan berat badannya. Sama seperti diet untuk menurunkan berat badan lainnya, tentu kita harus mengatur porsi makan sesuai dengan kebutuhan.

Secara garis besar, intinya adalah menghindari makanan berlemak, tinggi gula, serta kaya akan kalori. Alih-alih makan makanan tersebut, sebaiknya penuhi perut dengan makanan yang penuh serat seperti buah, sayur, dan biji-bijian.

Bukan berarti kamu tidak boleh makan daging atau tiba-tiba menjadi penganut vegetarian, ya. Kamu tetap bisa makan protein hewani, dengan syarat pilih yang renah lemak seperti ikan, daging ayam tanpa kulit, atau daging sapi tanpa lemak.

Tips supaya berat badan turun menjelang pernikahan

Ilustrasi makanan manisshutterstock Ilustrasi makanan manis
Pada dasarnya tidak ada patokan seperti apa diet yang benar sebelum menikah. Tentu, apapun diet yang diterapkan dalam masa persiapan sebelum menikah, haruslah diet yang sehat dan aman.

Nah, berikut panduan diet yang aman dan bisa diterapkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Hindari makanan berkalori tinggi tetapi rendah zat gizi

Makanan tinggi lemak dan makanan tinggi gula yang ada dalam snack atau camilan biasanya mengandung kalori yang tinggi namun rendah zat gizi maupun serat. Makanan seperti inilah yang justru membuat berat badan semakin meningkat.

Pilih makanan yang praktis dan cara mengolah yang praktis

Diet ini adalah rencana jangka pendek, kamu tidak punya banyak waktu untuk memilih milih sumber makanan baru yang tidak dikenal. Maka itu pilihlah makanan yang praktis.

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com