Kompas.com - 21/03/2019, 10:23 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah PurestockIlustrasi bekerja di rumah

KOMPAS.com - Di zaman modern ini, bekerja tak melulu hanya di kantor. Dari rumah atau gerai kopi pun kita bisa menghasilkan uang. 

Yah, bekerja dari rumah bisa terasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Namun, kita tetap harus menetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan di rumah agar keduanya berjalan seimbang.

Bekerja di rumah biasanya dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai penulis, profesional web atau desainer.

Mereka yang bekerja di rumah tak perlu memikirkan kemacetan jalanan atau terjebak di kursi kantor yang tak nyaman selama delapan jam.

Oleh karena itu, bekerja dari rumah biasanya terasa lebih santai dan kita bisa bekerja dengan memakai busana apapun yang nyaman di tubuh kita.

Namun, bukan berarti kerja dari rumah tak memiliki hambatan, salah satunya rasa jenuh karena harus terkurung di dalam dinding rumah sendiri dan tidak bertemu orang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Clare Evans, pelatih manajemen waktu dan produktivitas, mengakui bahwa bukan hanya lingkungan di sekitarnya yang menyebabkan gangguan.

Kesulitan lain yang harus dihadapi mereka yang bekerja di rumah antara lain menemukan disiplin kerja, berurusan dengan gagasan tidak dapat "pergi dari kantor", dan kurangnya interaksi manusia.

Baca juga: 5 Tips Agar Tetap Sehat dan Produktif Saat Harus Kerja di Rumah

Dari semua kesulitan itu, yang paling menganggu adalah tugas rumah lainnya seperti tumpukan cucian atau piring kotor dan godaan untuk menonton televisi.

Untungnya, Evans telah memaparkan cara mudah untuk mengatasi gangguan tersebut. Berikut cara agar produktif saat bekerja di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.