Shopee Ajak "Seller" Lokal Tembus Pasar Global

Kompas.com - 22/03/2019, 07:29 WIB
Peluncuran program Kreasi Nusantara untuk Global dari Shopee Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2019). KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYAPeluncuran program Kreasi Nusantara untuk Global dari Shopee Indonesia, Jakarta, Kamis (21/3/2019).
|
Editor Wisnubrata

 

JAKARTA, KOMPAS.comE-commerce di bawah besutan SEA Group, Shopee, berencana mengajak seller lokal menembus pasar global. 

Pasar yang dituju adalah negara-negara tempat Shopee bernaung, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam hingga Taiwan.

Rencana ini disampaikan saat peringatan Kreasi Nusantara, program yang mewadahi para seller UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Shopee Indonesia. 

Dinamai "Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global" program ini akan menggandeng puluhan seller yang sudah dikurasi Shopee Indonesia.

Proses kurasi pun dilakukan dengan hati-hati, terutama soal kualitas. 

Salah satu seller yang diajak, misalnya, RumahTazkia Official Shop. UMKM tersebut bergerak di bidang penjualan perangkat alat salat seperti mukena. 

Kepada Kompas.com, GM RumahTazkia Offiicial Shop Addiniya Nurfarojandari mengungkapkan merasa senang diajak untuk menembus pasar global. 

Kesempatan ini adalah kali pertama usahanya bersentuhan dengan konsumen di luar negeri.

"Selama ini kami masih ragu, karena ketidaktahuan soal pengurusan izin. Nah, dengan diikutsertakan Shopee, ini bisa memudahkan saya untuk paham lebih jauh soal ekspor," kata Addiniya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Sementara itu, Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengungkapkan, sebelum kick-off berjualan, para UMKM terpilih akan mendapatkan edukasi mengenai kurikulum khusus ekspor melalui Kampus Shopee.

Serangkaian kelas akan diadakan guna mempersiapkan kematangan dan strategi ekspor yang tepat sebelum akhirnya para UMKM bersaing di pasar global.

Ada pun berbagai materi yang akan disampaikan melalui Kampus Shopee, yakni pengetahuan mengenai pasar dan industri di negara - negara Asia Tenggara yang dituju, regulasi dan logistik yang bersinggungan dengan kegiatan ekspor dan tips marketing untuk memasarkan produk di luar negeri.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X