Seberapa Efektif Pil Kontrasepsi Darurat Cegah Kehamilan?

Kompas.com - 26/03/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi perempuan minum pil fizkesIlustrasi perempuan minum pil

KOMPAS.com - Pil kontrasepsi darurat menjadi salah satu pertolongan pertama bagi pasangan menikah yang ingin menunda kehamilan namun berhubungan seks tanpa memakai kontrasepsi reguler.

Menurut dr.Tirsa Verani Sp.OG, cara kerja kontrasepsi yang sering disebut dengan “morning after pill” ini adalah menunda ovulasi atau pelepasan sel telur wanita.

“Pil KB darurat mengandung hormon progestin dalam dosis tinggi sehingga bisa mencegah ovulasi,” kata Tirsa dalam acara talkshow yang diadakan oleh Kontrasepsi Andalan di Bogor, Senin (25/3).

Pil tersebut juga dapat mengganggu proses pembuahan karena dapat mencegah perletakan telur yang sudah dibuahi ke dinding rahim.

Levonorgestrel (hormon progestin) yang terkandung dalam pil KB darurat ini tidak sama dengan obat aborsi. Jika kehamilan sudah terlanjur terjadi, konsumsi pil ini tidak akan menggugurkan, melainkan justru memperkuat janin.

Agar efektif, menurut Tirsa pil ini harus dikonsumsi secepat mungkin setelah berhubungan seksual. Efektivitasnya dalam mencegah kehamilan mencapai 99 persen.

Kesalahan Pemakaian Kontrasepsi yang Sebabkan Kehamilan

Ditambahkan oleh Product Manager Andalan Kontrasepsi, Norina Veronica, pil KB darurat terdiri dari dua pil yang harus diminum sekaligus.

“Diminum hanya sekali setelah berhubungan seksual, tapi maksimal bisa diminum 5 hari setelah berhubungan,” kata Norina dalam acara yang sama.

Meski bisa mencegah kehamilan, tetapi pil ini tidak untuk menggantikan fungsi kontrasepsi reguler seperti pil, kondom, atau suntikan.

Sesuai namanya, pil ini hanya dikonsumsi saat terjadi kondisi darurat, seperti lupa minum pil KB reguler selama dua hari berturut-turut, kondom bocor atau terlepas, dan terlewat jadwal suntik.

Pil KB darurat ini bisa dibeli di apotek atau toko obat terpercaya. Karena mengandung hormon dalam dosis tinggi, menurut Norina, pil ini pada sebagian orang bisa menimbulkan mual dan pusing.

Pil Kontrasepsi Pria, Diklaim Aman dan Tak Ganggu Hasrat Seks  

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X