Melihat Hubungan antara Minum Susu dan Jerawat

Kompas.com - 26/03/2019, 21:00 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Sejumlah studi mengungkapkan, sekitar 55 persen orang dewasa berusia 20-40 tahun mengalami jerawat ringan dalam jangka waktu terus menerus.

Data ini tak boleh disepelekan. Ahli gizi dari Harley Street, Inggris, Kim Pearson mencoba mendalaminya.

Ia meyakini kondisi yang dialami kulit tak hanya terpengaruh dari luar, tetapi juga dari dalam melalui pola makan.

Secara khusus Pearson mendalami, apakah konsumsi produk susu menyebabkan jerawat?

Keterkaitan keduanya mungkin terabaikan oleh para profesional medis.

Meski begitu, ada sejumlah studi yang menunjukkan korelasi positif antara asupan produk susu dan jerawat.

Baca juga: Ingin Tidur Nyenyak? Tambahkan Dua Bahan Ini Pada Susu

Pada 2009, sebuah studi menginvestigasi keterkaitan jerawat dan pola makan dari 21 studi observasi dan enam percobaan klinik.

Berdasarkan temuan, para peneliti menemukan pengaruh produk susu terhadap hormonal dan faktor peradangan. Keduanya terkait dengan kemunculan jerawat.

Lalu, bagaimana produk susu dapat memicu jerawat?

Hal ini dikarenakan produk susu berdampak pada hormon kita. Konsumsi susu dapat meningkatkan level hormon insulin dan faktor pertumbuhan hormon mirip insulin 1 (GF-1).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X