Kompas.com - 28/03/2019, 09:23 WIB
Pemenang The New L-Men of The Year 2018 Ivan Kabul dalam konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2019) KOMPAS.com/Nabilla TashandraPemenang The New L-Men of The Year 2018 Ivan Kabul dalam konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2019)
|
Editor Wisnubrata

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjalani pola hidup sehat memang mudah diucapkan, tapi terkadang sulit untuk dilakukan.

Memulai gaya hidup sehat bisa sesederhana memperbaiki pola makan, terutama konsumsi makanan tidak sehat.

Hal ini lah yang dilakukan Ivan Kabul, juara The New L-Men of The Year 2018 beberapa waktu sebelum dirinya berpartisipasi di kontestasi tersebut.

Perjalanan Ivan memperbaiki asupan nutrisi diawali dengan mengurangi makanan cepat saji dan makanan instan. Hal itu diakuinya sangat sulit.

"Menggodanya luar biasa. Awalnya sengsara karena baunya (mie instan) menggoda banget. Apalagi pas orang masak," kata Ivan saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/3/2019).

Setelah menjalaninya sekitar tiga bulan, pria kelahiran Jakarta, 28 Mei 1992 itu mulai merasakan perubahan fisik, terutama pada bagian perut yang mulai ramping. Apalagi, sebelum mengubah pola makan tersebut Ivan mengakui perunya sedikit buncit.

Di samping pola makan, Ivan juga memperhatikan pola olahraganya. Gemar bermain tenis memang membuatnya rajin berolahraga. Namun, belakangan ia baru menyadari bahwa olahraga favoritnya itu belum cukup.

"Kalau ngomongin otot-otot lain, ada yang enggak kelatih," katanya.

Hidup sehat menurutnya adalah sesuatu yang relatif bagi setiap orang. Namun, yang menurutnya menjadi tantangan adalah bagaimana kita bisa terus memperbaiki kualitas hidup kita dari hari ke hari.

"Setiap orang seenggak sehat-sehatnya pasti ada bagian pola hidup sehat-nya, lah. Meskipun belum semuanya. Tapi tantangannya adalah bagaimana hari demi hari memperbaiki kualitas hidup sehat kita seperti apa," tutur Ivan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X