Kompas.com - 29/03/2019, 11:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pembersih wajah berbasis air atau Micellar Water, menjadi produk wajib yang harus dimiliki pecinta dunia kecantikan.

Namun, bagaimana memilih produk yang tepat dan memang efektif mengangkat semua kotoran di wajah tapi tidak menyebabkan iritasi?

Micellar water pada awalnya diciptakan oleh perusahaan perawatan kulit asal Perancis, Bioderma tahun 1995. Kini, hampir semua perusahaan kosmetik juga mengeluarkan produk pembersih wajah tanpa bilas ini.

Menurut Global Research and Innovation Director NAOS, Aurelie Guyoux, dalam kunjungannya ke banyak negara ia melihat banyak produk micellar water.

"Dalam satu toko ada begitu banyak produk. Wajar jika kita bingung memilihnya," katanya dalam acara talkshow yang diadakan oleh NAOS, perusahaan yang menaungi Bioderma, di Jakarta (28/3/2019).

Salah satu hal yang wajib diperhatikan, menurut Aurelie adalah terbuat dari air yang sudah dimurnikan sehingga memenuhi persyaratan kualitas.

Ia menjelaskan, banyak produk yang hanya menggunakan cosmetic quality water. Pada jenis air seperti ini, bakteri dapat melepaskan endotoksin saat proses filtrasi. Bakteri ini bisa memasuki kulit dan menyebabkan peradangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sensibio H20 Micellar Water sebagai inovator micellar water pertama di dunia, memakai air yang melalui 9 tahap pemurnian. Formulanya juga diperkuat dengan bahan yang memiliki efek menenangkan," katanya.

Baca juga: Wajib, 3 Produk Skin Care Demi Kulit Wajah Sehat

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

We love the combination of our Sensibio H2O Micellar Water with a comfortable round cotton pad! Who else loves this combination too? #ASimpleAct #BiodermaIndonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bioderma_ID (@bioderma_indonesia) pada 8 Mar 2019 jam 12:30 PST

Cairan yang dipakai dalam micellar water, lanjut dia, bukan cuma murni tapi juga tidak mengandung alkohol dan parfum. Sehingga aman untuk kulit sensitif.

"Ide dasar di balik pemilihan komposisi pada produk Bioderma, termasuk Sensibio H20 Micellar Water adalah meminimalkan jumlah polutan yang terdapat dalam komposisi tersebut serta efeknya bagi kulit," katanya.

Melalui pendekatan ini, Bioderma hanya menggunakan 600 dari 300.000 bahan dasar yang biasanya dipakai dalam kosmetika modern.

Pemilik kulit kering juga bisa menggunakan produk ini karena formulanya tidak keras sehingga tidak menyebabkan sensasi rasa tertarik pada wajah.

Micellar water bisa dipakai pada pagi hari sebelum memakai makeup. Di malam hari produk ini dipakai untuk mengangkat semua sisa kotoran yang menempel di wajah, lalu dilanjutkan dengan pemakaian skincare seperti serum atau krim malam.

Baca juga: Karena Skincare adalah Investasi...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.