Kompas.com - 29/03/2019, 16:11 WIB
Ilustrasi pasangan bahagia DragonImagesIlustrasi pasangan bahagia

KOMPAS.com - Meski sepakat menjalani komitmen, beberapa pasangan mungkin belum pernah mengucap kata cinta secara gamblang.

Mungkin memang butuh waktu yang tepat untuk sekadar berkata "aku mencintaimu". Sebab, efeknya sangat besar untuk suatu hubungan.

Sehingga, amat masuk akal jika kita memerlukan waktu yang tepat untuk mengatakannya.

Psikolog klinis Dr Joshua Klapow meyakini, mengatakan cinta kepada pasangan dapat mendefinisikan kembali keseriusan hubungan.

Jika ingin mengatakan kalimat cinta, pikirkan dahulu bagaimana perasan kita yang kemungkinan membawa hubungan ke tingkat berikutnya.

Pasangan kita kemungkinan akan memberi isyarat tertentu saat kita mengatakannya terlalu dini.

Baca juga: Terlahir Kembali, Tanda Cinta 30 Tahun Berkarya dari Didi Budiarjo

Sementara, terapis terkemuka di Los Angeles, Dr. Gary Brown mengingatkan, jika kita menyatakan "aku mencintaimu" terlalu dini, maka mungkin pasangan akan  tersenyum aneh atau perlahan mulai menarik diri.

"Atau tiba-tiba menemukan alasan untuk tidak menghabiskan banyak waktu bersama kita," tambahnya.

Klapow juga memperingatkan, pasangan mungkin juga tak akan mengatakan kembali kepada kita. Jadi, bersiaplah untuk menerima kemungkinan itu.

"Dia mungkin tidak ingin melukai perasaanmu, dan jadi jika mereka tidak mengatakan apa apa, itu karena dia terkejut kaget, atau stres," ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber elitedaily
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.