Mampir ke Royal Besaran, Tempat Peristirahatan Mangkunegara IV

Kompas.com - 31/03/2019, 19:12 WIB
Royal Besaran kini dijadikan resto dan galeri seni bertaraf internasionalAriska Anggraini Royal Besaran kini dijadikan resto dan galeri seni bertaraf internasional

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Area bekas pabrik gula Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ternyata menyimpan artefak berupa rumah besaran yang adalah tempat bermukim Raja Mangkunegara IV.

Di bawah naungan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, bangunan bergaya kolonial Belanda ini disulap menjadi resto dan galeri seni bertaraf internasional.

Dengan nama Royal House, bangunan yang berdiri sejak 1861 ini telah mengalami proses renovasi.

Namun, arsitektur asli dengan piar-pilar besar di bagian depan yang masih berlantai traso dan diimpor langsung dari Belanda, tetap dipertahankan.

Pada zaman dulu, rumah tersebut dijadikan sebagai tempat ridur raja Raja Mangkunegara IV saat meninjau para pekerja pabrik.

“Rumah Besaran ini merupakan rumah dari Raja Mangkunegara IV. Rumah ini di jaman kolonial Belanda menjadi rumah pengawas pabrik tebu Tjolomadu."

Demikian ucapan Palwoto, Direktur Keuangan, SDM dan Investasi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero).

Di dalam bangunan juga masih tersimpan apik foto sang raja dan ruangan pribadinya yang tak boleh dikunjungi sembarang orang.

Baca Juga :Melihat Sejarah Pabrik Gula Colomadu, Lambang Perekonomian Praja Raja Mangkunegara

Pohon kepel yang hanya tumbuh di istana atau keratonAriska Anggraini Pohon kepel yang hanya tumbuh di istana atau keraton

Lokasi rumah ini masih satu area dengan Museum De Colomadu yang merupakan bekas pabrik gula.

Pabrik itu adalah lambang kemajuan ekonomi Mangunegara, salah satu kadipaten di Surakarta.

Dengan berbagai pengembangan, rumah ini akan menjadi salah satu resto dan tempat yang bisa digunakan untuk beragam even dan aktivitas.

Halaman:



Close Ads X