Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Menciptakan Guratan di Celana Jeans, Apa yang Dinilai?

Kompas.com - 01/04/2019, 06:07 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu pasti punya setidaknya satu celana jeans, bahkan tak sedikit yang memiliki lebih dari lima celana.

Jeans memang sudah menjadi celana harian yang paling sering dipakai orang. Padahal awalnya, celana berbahan denim ini diperuntukkan bagi para pekerja karena sifat yang kuat.

Jeans yang sering dipakai, lama-lama akan membentuk guratan-guratan karena terpakai. Jejak guratan itu mengikuti bentuk kaki dan aktivitas pemakainya, sehingga dianggap keren.

Beberapa pabrikan mengeluarkan celana baru yang dibuat terlihat lama dengan teknik wash yang membuatnya belel atau seperti celana yang sudah lama dipakai.

Namun bagi pecinta denim, cara instan itu kurang berkarakter karena tidak menunjukkan guratan asli yang dibentuk setelah pemakaian.

Nah karena pembentukan guratan asli memerlukan waktu dan usaha, maka penghargaan yang didapatkan juga lebih tinggi. Bahkan usaha ini dilombakan dalam kompetisi ‘Old Blue Royal Rumble’.

Acara ketiga yang diadakan oleh brand jeans Oldblue Co. ini menjadi kompetisi bagi para pecinta jeans untuk menorehkan ‘kisahnya’ di atas celana jeans raw yang lebih berat dan kaku.

“Ibaratnya jeans itu kanvasnya dan aktivitas sehari-hari yang dilakuin itu tintanya,” kata Randy William, Marketing Oldblue.Co saat launching Royal Rumble Vol. III : The Unveiling di Standard Denim and Supply Co., Jumat (29/03/19) malam.

Perlombaan ini akan berlangsung setahun penuh, mulai dari 1 April 2019 dan berakhir 1 April 2020. Peserta yang diperbolehkan mengikuti kontes ini adalah mereka yang belum mempunyai guratan dan lipatan pada celana jeans yang akan dilombakan.

Setiap bulannya, para peserta diwajibkan untuk mengunggah foto jeans yang mereka gunakan di sosial media Instagram. Jika tidak mengunggah progresnya sebanyak 3 kali, peserta dinyatakan gugur.

Apa yang dinilai?

jeans yang sudah terbentuk guratannya karena dipakaioldblue jeans yang sudah terbentuk guratannya karena dipakai
Menurut Randy, aktivitas sehari-hari yang dilakukan dapat menciptakan berbagai jenis lekukan dan lipatan. Itulah yang membuat setiap celana peserta itu unik dan punya kisahnya masing-masing.

“Sebuah dedikasi untuk menggunakan jeans yang sama selama satu tahun penuh dan pasti banyak cerita di dalamnya,” tambah Rendy.

Proses penjurian yang dilakukan oleh Oldblue Co., Denim Enthusiast, dan Standard Denim Supply Co. ini akan fokus pada guratan dan lipatan yang terbentuk di celana jeans tersebut. Semakin banyak guratannya, maka semakin banyak kisah di dalamnya.

Lalu seperti apa rasanya memakai celana yang sama selama satu tahun?

Pemenang Royal Rumble tahun lalu, Fandi Hidayat, membagikan tips supaya celana jeans yang digunakan tidak bau walau dipakai terus menerus. Menurutnya, menjemur dan merendamnya dengan antiseptic dapat dilakukan agar kuman hilang.

“Sesekali dijemur biar celananya nggak lembab. Dicucinya jangan pake deterjen, tapi pakai antiseptic,” tambah Fandi.

Dengan begitu, jeans bisa dipakai lebih sering selama setahun dan menghasilkan banyak kisah yang tertoreh dalam guratan-guratannya. (Aldo Christian Sitanggang)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com