Kompas.com - 01/04/2019, 08:11 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Riasan yang awet di wajah tentu lebih disukai wanita, namun jika kulit kamu gampang berjerawat sebaiknya jangan biarkan kosmetik menempel terlalu lama.

Menurut dr. Anesia Tania, Sp.KK, untuk kulit yang berminyak dan berjerawat sebaiknya kosmetik tidak lebih dari 6 jam menempel di wajah.

“Semua bahan-bahan dari kosmetik bisa terserap ke pori-pori kulit,” kata dokter dari klinik ZAP Premium ini.

Ia mengatakan, walau produk kosmetik yang kita pakai bersifat nonkomedogenik, tetap saja ada kemungkinan akan menyumbat pori-pori bila dipakai terlalu lama.

“Sebaiknya di pertengahan hari dihapus. Untuk yang Muslim bisa sekalian wudhu. Baru setelah itu kulit dibersihkan dan re-apply lagi kosmetiknya,” kata dia.

Beberapa produk kosmetik yang juga berpotensi menyumbat pori-pori antara lain primer yang mengandung silikon, foundation, hingga bedak padat. 

Itu sebabnya sebaiknya kulit harus dibersihkan dengan benar, yaitu dengan melakukan pembersihan ganda (double cleansing), lalu hidrasi kembali kulit menggunakan pelembab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 Baca juga: Double Cleansing, Rahasia Kulit Cantik dengan Riasan Minimal

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.